Serunya Belajar Sambil Bermain di SDN 2 Pasar Baru

Khalilur Rahman
Saya merupakan Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi di Universitas Negeri Malang
Konten dari Pengguna
30 April 2024 16:11 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Khalilur Rahman tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Siswa Kelas 5 SDN 2 Pasar Baru Bermain Ular Tangga Numerasi Bersama Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7
zoom-in-whitePerbesar
Siswa Kelas 5 SDN 2 Pasar Baru Bermain Ular Tangga Numerasi Bersama Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 yang sedang bertugas di SDN 2 Pasar Baru melakukan implementasi RAK (Rencana Aksi Kolaborasi) yang telah dirancang, yakni Ular Tangga Numerasi dan Cerdas Cermat Literasi Numerasi.
ADVERTISEMENT
Alangkah senangnya belajar sambil bermain. Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 membuat media permainan yang ditujukan untuk kelas 4 dan 5. Tujuan dari penggunaan media ini adalah untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif, sehingga siswa menjadi tertarik dan senang untuk belajar bahasa Indonesia dan matematika.

Ular Tangga Numerasi

Antusiasme Siswa Kelas 5 dalam Bermain Ular Tangga Numerasi
Program Ular Tangga Numerasi diimplementasikan di kelas 5. Ular tangga ini berisikan 49 soal numerasi, soal yang diberikan kebanyakan dalam bentuk soal cerita, hal ini bertujuan untuk merangsang kemampuan berpikir kritis siswa.
Media ini dimainkan oleh 4 kelompok, di mana setiap kelompok secara bergantian untuk melempar dadu dan melangkah sesuai dengan jumlah dadu. Setiap berhenti di kotak sesuai angka dadu, siswa akan mendapatkan satu pertanyaan. Apabila siswa tidak dapat menjawab, maka harus mundur satu kotak.
ADVERTISEMENT
Saat pembelajaran menggunakan media ini, siswa terlihat sangat antusias dan bersemangat.
"Seru banget Kak, nanti kita main kayak gini lagi ya!" ucap salah satu siswa kelas 5.

Cerdas Cermat Literasi Numerasi

Antusiasme Siswa Kelas 4 Mengikuti Cerdas Cermat Literasi Numerasi
Program Cerdas Cermat Literasi Numerasi diimplementasikan di kelas 4. Media yang digunakan adalah Wordwall yang berisikan 20 soal literasi dan 10 soal numerasi. Untuk literasi setiap soalnya memiliki durasi 30 detik dan numerasi setiap soalnya memiliki durasi 60 detik.
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok dan setiap kelompok diberikan waktu untuk berdiskusi sebelum mengangkat jawaban yang mereka pilih. Jawaban yang benar akan mendapatkan 1 poin dan jawaban yang salah tidak akan mendapatkan poin.
Saat cerdas cermat ini berlangsung, siswa sangat antusias dan bersemangat untuk bersaing antar kelompok. Mereka berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan poin tertinggi agar kelompok mereka menang.
ADVERTISEMENT
"Kami sangat antusias untuk melaksanakan pembelajaran di kelas menggunakan media yang telah kami buat, seperti ular tangga numerasi. Kami berharap melalui media permainan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan numerasi siswa," kata Rio selaku penanggung jawab program ular tangga numerasi.
Sementara itu, kepala sekolah, guru pamong, dan wali kelas 4 dan 5 mendukung kami dalam mengimplementasikan RAK yang telah kami rancang sebagai langkah positif untuk meningkatkan literasi dan numerasi di SDN 2 Pasar Baru.
"Saya berharap dengan adanya kolaborasi antara sekolah dengan mahasiswa kampus mengajar dapat membantu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa SDN 2 Pasar Baru," ujar Pak Abdul Malik selaku Kepala Sekolah SDN 2 Pasar Baru.
ADVERTISEMENT
Media permainan yang kami buat tidak hanya untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa, tetapi juga untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa. Harapannya, semangat belajar siswa SDN 2 Pasar Baru bisa terus meningkat dengan pendekatan yang kreatif dan tentunya sesuai dengan kebutuhan siswa.