Peran Penting Cyber Security di Bidang Kesehatan

Mahasiswa aktif Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Konten dari Pengguna
2 Juli 2022 9:38
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Rina Amaelia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Zaman sekarang kejahatan ada dimana-mana tidak terkecuali di internet. Kejahatan di internet atau lebih dikenal dengan cyber crime sangat membahayakan pengguna internet, kejahatan ini bisa menyebabkan kerugian mulai dari kerugian waktu hingga materi. Pada masa kini di mana wabah Covid-19 melanda seluruh negeri, tidak terkecuali indonesia vaksin merupakan syarat untuk bepergian seseorang.
ADVERTISEMENT
Di mana ketika melakukan vaksinasi, data diri kita dicatat dan dimasukkan ke internet. Pernah terjadi bocornya data vaksinasi dan dijual belikan. Untuk menghindari adanya kebocoran data maka diperlukan adanya cyber security yang dapat melindungi keamanan data pengguna dari serangan digital.
Pada penjelasan kali ini, saya sampaikan hal-hal penting terkait dengan keamanan Cyber di dunia maya. Mulai dari pengertian, ancaman, alasan penyerangan, dan manfaat di bidang kesehatan, semua akan dijelaskan dan dibahas pada penjelasan dibawah ini. Bagi anda yang ingin mengerti tentang cyber security silahkan cermati beberapa penjelasan berikut dengan cermat.
Sumber : Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : Pixabay.com

Pengertian Cyber Security dalam Bidang Kesehatan

Cyber security dalam bidang kesehatan adalah upaya untuk melindungi informasi penting agar institusi berjalan dengan lancar dan baik. Institusi kesehatan pada umumnya memiliki beragam informasi khusus seperti, data penerima vaksin, pemberian resep, sistem pendukung manajemen, sistem pendukung keputusan, sistem informasi radiologi, data pekerja di bidang kesehatan, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
Sistem yang ada di bidang kesehatan sangat sensitif dan menyangkut orang banyak oleh sebab itu harus mendapatkan perlindungan maksimal agar tidak bocornya data. Selain itu, banyak alat-alat penting di bidang kesehatan yang sangat rentan sehingga apabila kena serangan siber operasionalnya akan terganggu.

Ancaman Cyber Security di Bidang Kesehatan

Ada beberapa kejahatan di bidang kesehatan antara lain seperti :
  1. Malware merupakan ancaman yang disebabkan oleh virus dapat melumpuhkan server ataupun jaringan milik korbannya, terkadang pelaku minta tebusan agar korban dapat terhindar dari virus komputer.
  2. Phishing merupakan cara mendapatkan informasi dengan teknik pengelabuan. Di mana informasi yang berupa data pribadi (KTP, alamat, usia), data akun (username, password), data finansial (informasi kartu kredit, rekening).
  3. Situs Palsu, dimana situs ini hampir mirip dengan situs resminya, contoh biasanya di akhir situs resmi .gov diganti .com sehingga hanya orang-orang teliti yang bisa membedakan situs yang palsu.
Cyber Security (Sumber : Pixabay.com)
zoom-in-whitePerbesar
Cyber Security (Sumber : Pixabay.com)

Manfaat Cyber Security Di Bidang Kesehatan

Ada berbagai macam manfaat cyber security di bidang kesehatan antara lain :
ADVERTISEMENT
  1. Melindungi institusi, manfaat paling besar yang bisa dirasakan dari cyber security adalah keamanan yang didapatkan bisa memberi perlindungan digital secara menyeluruh untuk institusi kesehatan. Hal ini memudahkan, keamanan, dan kenyamanan pekerja maupun masyarakat dalam menjelajahi informasi terkait kesehatan di internet tanpa rasa takut akan kebocoran data.
  2. Melindungi informasi pribadi, salah satu komoditas paling berharga di era masa kini adalah informasi pribadi. Jika peretas mendapatkan data milik pegawai atau pelanggan, mereka akan menjual data dan menggunakannya untuk kejahatan.
  3. Menjaga situs web institusi agar tidak down, jika sistem dalam situs web terkena virus, maka web tersebut tidak bisa di akses bahkan bisa ditutup. Tentunya akan menyusahkan dalam hal transaksi dan informasi mengenai institusi kesehatan.
  4. Melindungi data pekerja, dalam sebuah sistem institusi kesehatan pastinya terdapat data pegawai, jika sebuah institusi terkena virus, maka berpotensi seluruh data akan hilang dan data pegawai akan ikut hilang.
  5. Menjaga produktivitas, apabila terdapat virus di dalam komputer maka, akan memperlambat, atau bahkan menghentikan pekerjaan. Hal ini menyebabkan waktu terbuang sia-sia dan akan menyebabkan pekerjaan terbengkalai.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·