Peran Penting Cyber Security di Bidang Kesehatan

Rina Amaelia
Mahasiswa aktif Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Konten dari Pengguna
2 Juli 2022 9:38 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Rina Amaelia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Zaman sekarang kejahatan ada dimana-mana tidak terkecuali di internet. Kejahatan di internet atau lebih dikenal dengan cyber crime sangat membahayakan pengguna internet, kejahatan ini bisa menyebabkan kerugian mulai dari kerugian waktu hingga materi. Pada masa kini di mana wabah Covid-19 melanda seluruh negeri, tidak terkecuali indonesia vaksin merupakan syarat untuk bepergian seseorang.
ADVERTISEMENT
Di mana ketika melakukan vaksinasi, data diri kita dicatat dan dimasukkan ke internet. Pernah terjadi bocornya data vaksinasi dan dijual belikan. Untuk menghindari adanya kebocoran data maka diperlukan adanya cyber security yang dapat melindungi keamanan data pengguna dari serangan digital.
Pada penjelasan kali ini, saya sampaikan hal-hal penting terkait dengan keamanan Cyber di dunia maya. Mulai dari pengertian, ancaman, alasan penyerangan, dan manfaat di bidang kesehatan, semua akan dijelaskan dan dibahas pada penjelasan dibawah ini. Bagi anda yang ingin mengerti tentang cyber security silahkan cermati beberapa penjelasan berikut dengan cermat.
Sumber : Pixabay.com

Pengertian Cyber Security dalam Bidang Kesehatan

Cyber security dalam bidang kesehatan adalah upaya untuk melindungi informasi penting agar institusi berjalan dengan lancar dan baik. Institusi kesehatan pada umumnya memiliki beragam informasi khusus seperti, data penerima vaksin, pemberian resep, sistem pendukung manajemen, sistem pendukung keputusan, sistem informasi radiologi, data pekerja di bidang kesehatan, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
Sistem yang ada di bidang kesehatan sangat sensitif dan menyangkut orang banyak oleh sebab itu harus mendapatkan perlindungan maksimal agar tidak bocornya data. Selain itu, banyak alat-alat penting di bidang kesehatan yang sangat rentan sehingga apabila kena serangan siber operasionalnya akan terganggu.

Ancaman Cyber Security di Bidang Kesehatan

Ada beberapa kejahatan di bidang kesehatan antara lain seperti :
Cyber Security (Sumber : Pixabay.com)

Manfaat Cyber Security Di Bidang Kesehatan

Ada berbagai macam manfaat cyber security di bidang kesehatan antara lain :
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT