Pencarian populer
USER STORY
5 Ulasan Jelang Laga Penentu Juara Liga 1, PSM Makassar vs PSMS Medan
9 Desember 2018 7:49 WIB
0
0
PSM Makassar vs PSMS Medan.
PSM Makassar akan menjamu PSMS Medan pada laga pamungkas Liga 1 2018, Minggu (9/12), pukul 15.30 WIB. Bermain di Stadion Andi Mattalatta, kedua tim punya nasib kontras dengan tujuan sama: menang. Bila ingin juara Juku Eja wajib menang, sedangkan Ayam Kinantan wajib tiga poin demi tak turun kasta.
PSM tak hanya wajib menang, tapi juga berharap Persija Jakarta takluk atau minimal imbang dari Mitra Kukar. Hal tersebut lantaran Ferdinand Sinaga dan kolega tertinggal yang berada di posisi runner-up, kalah satu angka dari Macan Kemayoran yang berada di puncak dengan torehan 59 poin.
Berharap pada tim lain tentu jadi beban yang mengkhawatirkan pemain PSM. Punggawa Juku Eja bisa tidak fokus kala bertanding nanti. Namun, pelatih kepala, Robert Rene Alberts percaya tim asuhannya mampu bermain dengan seluruh kemampuan dan mendulang tiga poin di depan The Maczman dan suporter setia klub.
Karena itu, jelang laga tersebut, Robert Albert meminta agar anak asuhnya untuk bermain maksimal dan tetap fokus, demi bisa mengamankan poin maksimal serta menutup musim dengan kepala tegak. Hal tersebut menurut Robert Albert dilakukan karena harus mempersembahkan juara untuk suporter mereka.
Tak hanya PSM yang tengah berada di situasi perlu kemenangan. Tim tamu PSMS Medan juga punya target besar memenangi laga. Usaha yang dilakukan Ayam Kinantan nanti tentu demi tetap tampil di kompetisi kasta tertinggi Indonesia musim depan.
Namun, tak bedanya dengan tuan rumah, PSMS juga mengharapkan hasil dari akhir pertandingan lain. Dengan torehan 37 poin, Frets Butuan dan kawan-kawan butuh agar lima pesaingnya di zona merah meraih kekalahan.
Walau begitu, juru taktik PSMS, Peter Butler mengaku akan lebih bergantung pada persiapan matang dan profesional yang dilakukan timnya. Peter pun menyatakan keinginannya untuk “memberikan mereka pertandingan yang bagus."
1. PSM diunggulkan menang, PSMS unggul rekor pertemuan
Pertemuan PSMS dan PSM pada paruh pertama Liga 1 2018. (Foto: Dok. PT LIB)
PSM boleh jadi favorit meraih tiga poin kala menjamu PSMS Medan nanti. Namun, sebenarnya Juku Eja kalah dari rekor pertemuan kontra Ayam Kinantan. Empat kali terakhir bertemu, dua kali PSM harus mengakui keunggulan PSMS, sedangkan mereka hanya menang sekali dan sisanya imbang.
Pertemuan pertama keduanya musim ini pun berakhir dengan kemenangan cukup telak PSMS, yaitu 3:1 dari PSM. Kala itu Ayam Kinantan menang lewat Legimin Raharjo dengan brace-nya dan satu gol Reinaldo Lobo. Juku Eja hanya bisa membalas lewat Rahmat Syamsudin. Bila PSM lengah, hasil itu bisa saja terulang.
2. Performa cukup bagus, PSM wajib lebih maksimal
PSM kala menghadapi Bali United. (Foto: Dok. PT LIB)
PSM Makassar menjamu tamu dengan catatan yang cukup impresif. Lima pertandingan terakhir, Juku Eja sukses menang dua kali dan imbang dua kali, hanya kalah sekali dari Persebaya.
Memang rekor tersebut akan jadi modal bagus, tapi buat PSM catatan tersebut butuh performa yang lebih maksimal demi bisa mengangkat trofi. Terlebih mereka akan menghadapi lawan yang punya keinginan besar bertahan di Liga 1.
3. Belakangan bermain bagus, PSMS harus pede bertahan di Liga 1
PSMS kala bersua PS Tira. (Foto: Dok. PT LIB)
Permainan PSMS dari pekan ke pekan kian membaik, meski memang masih tak konsisten dan kurang beruntung. Lima laga terakhir, PSMS menang dua kali, kalah dua kali dan sisanya imbang.
Pada dasarnya permainan armada Peter Butler sudah membaik. Hanya saja kerap telat panas menjadi musuh utama PSMS. Seperti pada laga kontra PS Tira, gol baru datang saat mereka sudah tertinggal tiga angka. Tentu Peter mesti menemukan cara memperbaiki hal tersebut.
4. Pemain andalan dari kedua tim
Ferdinand Sinaga harus absen lantaran cedera. (Foto: Dok. PT LIB)
Tanpa Ferdinand Sinaga yang cedera, PSM akan mengandalkan Guy Junior di lini depan. Nantinya Junior bisa berpasangan dengan Sandro sebagai duet berbahaya. Dari lini kedua ada Marc Klok dan Wiljan Pluim yang bisa jadi penggerak tim. Keduanya punya pergerakan yang bisa mengacak organisasi lawan.
Shohei Matsunaga, meriam gol PSMS. (Foto: Dok. PT LIB)
Sementara PSMS Medan akan merasakan kehilangan besar dalam absennya Shohei Matsunaga. Meski begitu, PSMS masih punya Legimin Raharjo, pencetak brace ke gawang PSM pada pertemuan pertama. Tak lupa, nantinya juga ada Frets Butuan yang bisa diandalkan di lini depan.
5. Prediksi susunan pemain, jalannya laga, dan skor akhir
Koreografi yang dilakukan suporter PSM. (Foto: Dok. PT LIB)
PSM (4-4-2)
Pelatih: Robert Alberts
Hilman Syah (kiper), Rasyid Bakri, Abd Rahman, Steven Paulle, Hendra W (bek), Marc Klok, Rizky Pellu, Wiljan Pluim, Rahmat (gelandang), Sandro, Guy Junior (penyerang).
Selebrasi PSMS kala menang dari Persebaya. (Foto: Dok. PT LIB)
PSMS (4-4-2)
Pelatih: Peter Butler
Abdul Rohim (kiper), Roni Fatahillah, Alexandros Tanidis, Reinaldo Lobo, Muhammad Alwi Slamat (bek), Fredyan Wahyu, Legimin Raharjo, Rachmad Hidayat, Abdul Aziz (gelandang), Felipe Dos Santos Martins, Frets Listanto Butuan (penyerang).
Laga akan berlangsung sengit, dengan keduanya punya motivasi yang sangat tinggi. Jual beli serangan bisa saja terjadi, tapi PSM dinilai akan lebih menguasai jalannya laga. Pasalnya, Juku Eja yang punya karakter menyerang cepat tentu tak ingin membuang asa menjuarai Liga 1.
Kontras dengan tuan rumah, PSMS medan berkeinginan untuk lolos dari zona merah. Berada di dasar klasemen tentu akan jadi lecutan tambahan, demi mengangkat performa tim. Kemungkinan nanti Ayam Kinantan akan bermain dengan mencari celah kesalahan Juku Eja.
Pada akhirnya, PSM terlalu diunggulkan untuk menang. Performa Juku Eja yang kini lebih baik daripada Ayam Kinantan juga jadi modal tambahan. Skor akhir diprediksikan 3-1 untuk kemenangan tuan rumah. (bob)

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: