kumparan
5 Jan 2018 20:28 WIB

10 Maskapai Terbaik di Dunia, Qatar Airways hingga Garuda Indonesia

10 maskapai terbaik di dunia (Foto: Istimewa)
Perusahaan konsultan asal Britania Raya, Skytrax merilis daftar maskapai-maskapai terbaik berdasarkan ulasan langsung para konsumennya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya maskapai, Skytrax juga membuat survei terhadap bandar udara, fasilitas, pelayanan hingga awak kabin terbaik dari dunia penerbangan. Indonesia patut berbangga, karena salah satu maskapai terbaiknya masuk dalam jajaran 10 maskapai terbaik dari seluruh dunia.
Berikut 10 maskapai penerbangan terbaik seantero negeri seperti dikutip dari Skytrax, Jumat (5/1).
1. Qatar Airways
Loading Instagram...
Sempat menduduki posisi kedua pada tahun 2016, Qatar Airways meraih predikat maskapai terbaik tahun 2017. Maskapai asal Doha ini, menuai banyak ulasan positif karena kenyamanan dan hiburan yang tersedia selama penerbangan.
Qatar Airways memiliki lebih dari 150 rute penerbangan di seluruh dunia dan kini tengah melebarkan langkahnya dengan membuat pesawat tempur jarak jauh terbaru yakni Boeing 787 Dreamliner and Airbus A350.
ADVERTISEMENT
Selain predikat maskapai terbaik, Qatar Airways juga membawa pulang penghargaan sebagai maskapai terbaik di Timur Tengah, maskapai kelas bisnis terbaik dan maskapai dengan ruang tunggu kelas VVIP terbaik.
2. Singapore Airlines
Loading Instagram...
Pelayanan Singapore Airline yang istimewa, siap membuat perjalananmu terasa menyenangkan.
Awak kabin yang terampil akan melayanimu dengan sopan dan penuh hati-hati. Bahkan fasilitas di kelas ekonomi seperti TV pribadi dan handuk panas sebelum mendarat hanyalah segelintir yang bisa kamu nikmati selama perjalanan.
Selain itu, pangkalan maskapai yang terletak di Changi Internasional Airport, Singapura juga memiliki fasilitas terbaik di dunia dan mendapatkan predikat sebagai Best Airport in the World selama lima tahun berturut-turut.
Penghargaaan sebagai maskapai terbaik di Asia, maskapai dengan kursi kelas bisnis terbaik dan makanan terlezat di kelas ekonomi.
ADVERTISEMENT
3. All Nippon Airways
Loading Instagram...
All Nippon Airways (ANA) melesat ke peringkat ke-3, setelah menduduki peringkat ke-5 di tahun 2016. ANA merupakan salah satu maskapai terbesar di Jepang, sekaligus rumah bagi salah satu armada Boeing 787 Dreamliners.
ANA mendapatkan banyak ulasan positif di Skytrax karena kebersihan, pelayanan dan keamanan yang terjamin.Seluruh pesawat kursinya dilengkapi dengan teknologi canggih yang bisa menjaga privasi para penumpang secara keseluruhan dan colokan listrik juga USB.
Penghargaan lainnya : pelayanan bandara terbaik di dunia dan awak kabin terbaik se-Asia.
4. Emirates
Loading Instagram...
Selama lebih dari 30 tahun. Emirat Dubai telah berkembang menjadi maskapai penerbangan jarak jauh yang paling populer di dunia.
Maskapai ini menawarkan perjalanan yang eksklusif menggunakan armada super jumbo Airbus A380 yang terbesar di dunia dan pesawat jet Boeing 777 yang luas.
ADVERTISEMENT
Di dalam pesawat kamu bisa menikmati berbagai pilihan hiburan seperti menonton video, mendengarkan musik yang kamu pilih hingga siaran langsung pertandingan olahraga.
Penghargaan lainnya: Peringkat pertama maskapai terbaik di dunia selama 13 tahun.
5. Cathay Pacific Airways
Loading Instagram...
Meski turun satu peringkat dari tahun lalu, maskapai yang berbasis di Hong Kong ini masih mempertahankan tempatnya sebagai maskapai paling disegani oleh seluruh negara yang terletak di Samudera Pasifiik.
Menggunakan armada jarak jauh Boeing 777-300ER, terbang bersama Cathay dengan kenyamanan tempat duduk, layanan yang berkualitas dan hiburan dalam penerbangan adalah sebuah pengalaman terbang yang memuaskan.
6. EVA Air
Loading Instagram...
EVA (diucapkan ee-vee-ay) Air Taiwan didirikan pada tahun 1989 dan merupakan anak perusahan dari Evergreen Group.
ADVERTISEMENT
Maskapai yang bertempat di Taipei ini telah berkembang pesat selama dua dekade dan kini tengah mengoperasikan armada pesawat jet terbesarnya. EVA Air menyandang predikat kelas 'ekonomi premium'.
Penghargaan lain: Kebersihan kabin terbaik dan kenyamanan fasilitas kelas bisnis terbaik.
7. Lufthansa
Loading Instagram...
Banyak konsumen memuji pelayanan istimewa yang diberikan oleh Lufthansa kepada penumpangnya.
Maskapai asal Eropa ini juga mendapatkan pujian atas pelayanan penerbangan jarak jauh, menggunakan A380 yang super jumbo atau pesawat 748-8 jet.
Penghargaan lain: Maskapai terbaik di Eropa dan ruang tunggu maskapai kelas satu terbaik.
8. Etihad Airways
Loading Instagram...
Etihad Airways berbasis di Abu Dhabi yang memiliki lebih dari 100 rute perjalanan ke seluruh dunia. Maskapai ini terkenal dengan interior kelas satu dan bisnis yang mewah.
ADVERTISEMENT
Penghargaan lain: Maskapai kelas satu terbaik di dunia, kursi kelas satu terbaik dan makanan kelas satu terbaik selama dua tahun berturut-turut.
9. Hainan Airlines
Loading Instagram...
Berdiri sejak tahun 1993, Hainan adalah masakapai asal China dengan ulasan bintang lima di situs Skytrax.
Dalam waktu tiga tahun maskapai ini melonjak dari peringkat 22 ke posisi 9. Dengan 160 jet Boeing dan Airbus, Hainan berkembang pesat di seluruh menyebar ke benua Asia, Eropa dan Australia.
Penghargaan lainnya : Maskapai terbaik di China dan awak kabin terbaik di China.
10. Garuda Indonesia
Peresmian Garuda Indonesia Jakarta-London (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Mengutip dari Business Insider, Garuda Indonesia telah mengalami perubahan yang signifikan selama beberapa tahun terakhir. Perubahan itu termasuk pembaharuan armada, dan perbaikann layanan yang untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.
ADVERTISEMENT
Kenyamanan tempat duduk hingga kelezatan masakan khas Indonesia juga Asia Tenggara jadi favorit banyak konsumen. Penghargaan lain: Awak kabin terbaik di dunia selama dua tahun berturut-turut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan