Pencarian populer

141 Km Tol di Jawa dan Sumatera Akan Diresmikan Sebelum Pilpres

Tol Trans Sumatera Foto: Antara/Ardiansyah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat, terdapat 3 ruas tol di Pulau Jawa dan Sumatera sepanjang 141,65 kilometer (km) yang akan dioperasikan sebelum Pemilihan Presiden (Pilpres) di April 2019.

Adapun 3 ruas tol itu ialah Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi VII Sei Rampah-Tebing Tinggi (9,3 km), Tol Bakauheni-Terbanggi Besar paket II-IV ‎(101 km), dan Pasuruan-Probolinggo seksi I-III (31,35 km).

"Ada Pasuruan-Probolinggo, Bakauheni-Terbanggi Besar, dan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi itu," ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (12/2).

Sejumlah kendaraan melintas di tol trans Sumatera ruas Palembang-Indralaya (Palindra) di Desa Ibul Besar III, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Dia pun menjelaskan, nantinya ketiga ruas tol itu belum tentu diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab sebelumnya Jokowi sudah meresmikan beberapa bagian ruas dari tol tersebut.

"Kalau Pasuruan-Probolinggo langsung dioperasikan, karena kemarin kan sudah diresmikan yang sepenggal. Terbanggi Besar dan Medan-Kualanamu juga sama," tegasnya.

Basuki menambahkan, semestinya sebelum Pilpres ini diresmikan pula Tol Bakauheni, Lampung-Palembang, Manado-Bitung. Namun karena kendala teknis, hal tersebut belum bisa dilakukan.

"Manado-Bitung mau Maret enggak bisa. Bakauheni-Palembang tadinya kami minta dipercepat, tapi enggak bisa. Itu Juni jadinya," kata Basuki.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: