kumparan
3 Nov 2018 17:39 WIB

Ada Program B20, Konsumsi Biodiesel Tahun Ini Bisa Tembus 3,7 Juta Ton

Ilustrasi biodiesel 20 persen (B20). (Foto: Nicha Muslimawati/kumparan)
Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) memperkirakan konsumsi biodiesel untuk domestik tahun ini akan mencapai 3,72 juta ton. Angka ini naik cukup signifikan dibandingkan konsumsi biodiesel tahun lalu yang hanya sebesar 2,21 juta ton.
ADVERTISEMENT
Wakil Ketua Umum III GAPKI bidang Urusan Perdagangan dan Keberlanjutan, Togar Sitanggang, mengatakan peningkatan konsumsi ini tidak lain adalah dampak positif dari implementasi B20.
Menurut Togar, meski program B20 baru dilakukan pemerintah per September 2018, namun program tersebut terbilang sukses. Hal tersebut terlihat dari realisasi penyaluran B20 untuk non PSO mencapai sebesar 74 pesen pada September dan naik 80 persen per Oktober.
Ilustrasi Biodiesel (Foto: Reuters/Mike Blake)
"Saya tidak bisa bilang kalau program B20 tidak berjalan, saya tidak bisa bilang kalau 74 persen itu tidak sukses. B20 sukses, tapi memang belum 100 persen,” ungkap Togar saat 14th Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) 2018 di Bali International Convention Center, Sabtu (3/11).
Sedangkan untuk tahun depan, konsumsi biodiesel diperkirakan akan mencapai 5,5 juta ton. Lagi-lagi, proyeksi ini masih bersinggungan dengan implementasi B20 yang dilakukan pemerintah.
ADVERTISEMENT
Togar pun berharap kendala logistik yang menjadi hambatan penyaluran biodiesel tahun ini dapat diselesaikan tahun depan. Sebab, titik penyaluran B20 tersebut rencananya bakal disederhanakan.
“Implementasi B20 dan B30 itu akan menjadi horizon (bagi industri sawit),” tandasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan