Pencarian populer

Ada Rencana Bangun Tol Bandung - Yogyakarta dan Tegal - Cilacap

Ilustrasi pembangunan jalan tol. Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong pembangunan tol dilakukan di sisi selatan Pulau Jawa. Sebab saat ini mayoritas tol di Pulau Jawa melintasi daerah yang berada di sisi utara.

Rencananya, tol yang akan dibangun di sisi selatan ialah Bandung-Cilacap-Yogyakarta dan Tegal-Cilacap. Jika jadi, kedua tol tersebut akan tersambung dengan jaringan Trans Jawa yang lebih dulu dibangun.

“Sudah ada prakarsa pada Tol Bandung-Cilacap-Yogya. Surat untuk prakarsa Tol Tegal-Cilacap juga pernah diajukan,” kata Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Koentjahjo Pamboedi kepada kumparan, Jumat (22/2).

Menurut dia, proyek itu baru dikerjakan ketika terdapat Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang bersedia menjadi pemrakarsa dan ditunjuk melalui proses lelang. Saat ini sudah ada BUJT yang menyatakan ketertarikannya.

“Sudah ada yang berminat tapi belum ada tindaklanjut (dari BUJT),” ucapnya.

Jika pembangunan sesuai rencana, nantinya Tol Trans Jawa bisa diakses melalui 2 sisi. Dari sisi utara, rute yang bisa ditempuh Merak-Jakarta-Pemalang-Semarang-Solo-Ngawi-Surabaya-Pasuruan-Probolinggo-Banyuwangi.

Sementara di sisi selatan ialah Merak-Jakarta-Bandung-Cilacap-Yogyakarta-Solo-Ngawi-Surabaya-Pasuruan-Probolinggo-Banyuwangi. Saat ini pembangunan Tol Yogyakarta-Solo sudah hampir memasuki tahap konstruksi.

BPJT mencatat sejak 1978-2018, pemerintah telah membangun 1.577 km tol yang telah beroperasi. Sedangkan kini, 1.021 km tol tengah dalam proses konstruksi, dan 434 km tol yang tengah dalam persiapan pembangunan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: