kumparan
14 Sep 2019 19:17 WIB

Akibat Asap Karhutla, Penerbangan Garuda Sempat Tertunda 100 Menit

Pesawat Garuda Indonesia. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Sejumlah maskapai penerbangan terkena dampak akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera dan Kalimantan. Seperti yang dialami maskapai Garuda Indonesia.
ADVERTISEMENT
Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan, mengatakan sejauh ini ada banyak penundaan jadwal penerbangan dengan waktu delay hingga mencapai 100 menit.
"Hingga saat ini yang terdampak Banjarmasin dan Pekanbaru. Penerbangan pagi terpaksa ditunda sekitar 30 hingga 100 menit menunggu jarak pandang di bandara sana membaik," kata Ikhsan saat dihubungi kumparan, Sabtu (14/9).
Namun, Ikhsan mengakui kondisi saat siang hari sudah mulai membaik. Dia mengatakan sejauh ini belum ada pembatalan penerbangan.
"Semakin siang jarak pandang membaik. Belum ada pembatalan, hanya penundaan," ujar Ikhsan.
Sebelumnya maskapai Lion Air Group itu mengalami delay, pengalihan pendaratan (divert), dan pembatalan penerbangan (cancel).
Dampak ini berpotensi mengganggu rotasi pesawat untuk rute penerbangan berikutnya. Tercatat ada 105 penerbangan Lion Air di Kalimantan dan Sumatera yang terdampak akibat asap kebakaran hutan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan