Pencarian populer

Anies Minta MRT Fase II Diteruskan ke Ancol dan Taman BMW

Suasana di Depo kereta MRT (Ratangga) di Lebak Bulus, Jakarta. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memutuskan rute Mass Rapid Transit (MRT) Fase II untuk sementara baru menghubungkan Bundaran Hotel Indonesia hingga Jakarta Kota. Sedangkan niat menyambungkan hingga Kampung Bandan masih dibicarakan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahkan sudah punya rencana lain terkait rute MRT Jakarta Fase II yaitu diteruskan dari Jakarta Kota hingga Ancol dan Taman BMW. Alasan dipilihnya rute ini agar memudahkan masyarakat saat mengunjungi tempat-tempat wisata.

"Terus ke Kota Tua, habis itu kita merancang untuk bisa terus ke arah timur ke arah BMW dan Ancol. Supaya nanti ketika Stadion (BMW) itu dibangun, bagi orang-orang yang akan berkegiatan di kawasan stadion mereka bisa menjangkau tanpa menggunakan kendaraan pribadi," ujar Anies saat dikonfirmasi kumparan, Jumat (4/1).

Suasana di Depo kereta MRT (Ratangga) di Lebak Bulus, Jakarta. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)

Lanjut Anies, Taman BMW yang ada sekarang memang akan disulap menjadi Stadion BMW berkelas internasional. Dalam rencananya, Anies akan meminta PT MRT Jakarta untuk membangun stasiun di sana. Nantinya, Stadion BMW juga akan terkoneksi dengan KRL Commuter Line yang sekarang ini sudah beroperasi dengan rute Jakarta Kota-Tanjung Priok.

"Tapi di dekat stadion tuh nanti akan ada 2 stasiun yaitu (stasiun) kereta api dan stasiun MRT," imbuhnya.

Dengan rencananya ini, Anies yakin dapat mengurai kemacetan di sekitar kawasan Ancol hingga Taman BMW. Masyarakat akan lebih memilih menggunakan MRT atau kereta Commuter Line untuk bepergian ke Ancol maupun Stadion BMW.

"Tujuannya bayangin kalau stadion menampung 70 ribu orang, kalau naik motor atau mobil kebayang enggak kemacetan? ya karena itu harus menggunakan MRT jadi masuk akal. Karena sekali angkat bisa ribuan orang dan kalau ada kegiatan bisa memanfaatkan MRT," tegas Anies.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22