kumparan
26 Mar 2019 11:06 WIB

Anies Minta yang Gelantungan dan Piknik di MRT Tak Dipermalukan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjajal MRT Fase I Bundaran HI-Lebak Bulus, Selasa (19/3). Foto: Moh. Fajri/kumparan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, angkat bicara menanggapi masyarakat yang ‘piknik’ di stasiun Moda Raya Terpadu atau MRT, sampai bergelantungan di dalam kereta. Anies mengingatkan, dalam pengoperasian MRT ada aturan yang harus dijaga.
ADVERTISEMENT
Sehingga dengan adanya pelanggaran yang dilakukan masyarakat, menurutnya, bisa menjadi pembelajaran.
“Nah ini, jangan merendahkan, jangan menghina, jangan mengejek. Kita semua mengalami proses pembelajaran. Tidak semua orang pernah naik kendaraan apapun. Ada yang baru naik pesawat pertama kali juga ada di bangsa kita ini,” kata Anies di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Selasa, (26/3).
Dia juga menyayangkan foto masyarakat yang melanggar, diviralkan khususunya di media sosial. Menurutnya, wajar masyarakat dalam menyambut hadirnya transportasi yang baru pertama kali ada di Indonesia.
“Jadi ini bagian dari proses pembiasaan bahwa menggunakan MRT itu memiliki tata aturan tersendiri,nah ini ada proses pembelajarannya, mari kita lakukan sama-sama proses pembelajaran itu,” tandasnya.
Suasana uji coba publik perdana MRT Jakarta, Selasa (12/3). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
“Kita-kita dulu waktu pertama kali naik pesawat juga lucu kok, pertama kali naik kereta juga lucu, ini pertama kali ada stasiun bawah tanah,” tambah Anies.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, Anies Baswedan menegaskan kejadian masyarakat ‘piknik’ di stasiun jangan dipermalukan. Apalagi, kata Anies, masyarakat yang melanggar dalam uji coba publik tersebut orang Indonesia juga.
“Ini saudara sebangsa kok, jangan rendahkan, sama sekali jangan pernah direndahkan, justru kalau melihat seperti itu, yuk kita beritahu caranya. Saya miris betul melihat difoto, diejek, diviralkan dengan wajah yang ada disitu, tak baik itu,” tutur Anies.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan