kumparan
2 Jun 2018 15:57 WIB

Antre Lama di Bandara? Check-in Mudik dari Sini Saja

Self Check In Bandara Soetta (Foto: Amanaturrosyidah/kumparan)
Antrean check-in di bandara pada mudik lebaran tahun ini diprediksi meningkat 10% dibanding tahun lalu. Hal ini seiring dengan kenaikan jumlah penumpang pada lebaran tahun ini yang mencapai 6,7 juta orang.
ADVERTISEMENT
“Kira-kira sekitar 10% (peningkatan) dari tahun lalu. Tahun lalu dari periode lebaran itu 6,1 juta. Tahun ini proyeksi 6,7 juta, itu seluruh bandara AP II,” ujar Direktur Operasional dan Teknis Angkasa Pura II (AP II) Djoko Murjatmodjo saat ditemui di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (2/5).
Oleh karenanya, Djoko menjelaskan, saat ini AP II telah menyiapkan sekitar 50 mesin check-in otomatis serta puluhan orang yang nantinya membawa mesin check-in di area bandara Soekarno-Hatta (Soetta).
Check-in tidak harus ke bandara. Check-in bisa dari rumah buka website airlines atau aplikasi Indonesia Airport. Jadi bisa check-in di luar,” katanya.
Self Check In Bandara Soetta (Foto: Amanaturrosyidah/kumparan)
“Kalau enggak bisa, enggak punya internet, silakan datang ke bandara karena di bandara ada petugas customer service yang mondar-mandir membawa printer kecil dan HP, tinggal sebutkan nomor reservasi dan langsung diprint, ada sekitar 30 di terminal 3 dan 20 di terminal 2,” sambungnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kata Djoko, pihaknya juga memiliki mesin self-check-in di mana penumpang pesawat tidak perlu antre.
“Kita menambah tidak hanya sekadar nambah check-in counter, sekarang kita punya self-check-in di sana ada kayak kios, di sana bisa check-in sendiri, masukin nomor registrasi kode booking dan tinggal milih seat langsung keluar (tiket pesawat),” jelasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan