kumparan
21 Agu 2018 13:50 WIB

Arab Saudi Impor Hotel Kapsul dari Jepang untuk Fasilitasi Jemaah Haji

Hotel Kapsul untuk Haji (Foto: AFP/Ahmad Al-Rubaye)
Ada fasilitas baru yang ditawarkan pemerintah Arab Saudi dalam pelaksanaan haji kali ini, yaitu hotel kapsul yang dapat digunakan gratis oleh jemaah saat berada di Mina. Seperti fasilitas serupa yang juga ditawarkan di pelabuhan dan bandara di Indonesia, hotel kapsul ini memiliki fasilitas lengkap dan nyaman.
ADVERTISEMENT
Bedanya, seperti dikutip dari AFP, hotel kapsul yang ditawarkan di Mina ini bisa digunakan secara gratis. Jemaah yang menggunakan bisa menikmati fasilitas kasur dengan seprai baru, pendingin ruangan, serta fasilitas yang memberi kenyamanan jemaah untuk beristirahat.
Hotel Kapsul untuk Haji (Foto: AFP/Ahmad Al-Rubaye)
Pengelolaan hotel kapsul ini, dilakukan oleh sebuah lembaga amal setempat. Untuk sementara, baru ada 24 unit yang disediakan. Seorang petugas siap melayani jemaah, yang ingin rehat sejenak di dalam hotel kapsul, dari ritual haji yang menguras tenaga.
Hotel Kapsul untuk Haji (Foto: AFP/Ahmad Al-Rubaye)
Hotel kapsul ini diimpor dari Jepang, dengan harga USD 1.114 dolar atau sekitar Rp 16,2 juta per unit. Setiap jemaah yang menggunakannya, dbatasi maksimal selama 3 jam.
Seperti beberapa tahun terakhir, kali ini ada setidaknya 2 juta umat muslim yang menunaikan rukun Islam kelima tersebut.
Hotel Kapsul untuk Haji (Foto: AFP/Ahmad Al-Rubaye)
Penyediaan hotel kapsul ini merupakan upaya pemerintah Saudi, untuk terus memodernisasi pelayanan bagi para jemaah. Ada juga aplikasi berbahasa asing (selain Arab), yang memudahkan jemaah untuk mengakses fasilitas layanan seperti rumah sakit dan bantuan medis darurat.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan