Pencarian populer

Bank Muamalat Butuh Modal Rp 4,5 Triliun, Buat Apa Saja?

Pembukaan rekening tabungan iB Muamalat (Foto: Siti Maghfirah/kumparan)

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengakui kesulitan penambahan modal menjadi penyebab utama perusahaan saat ini. Sedikitnya, bank syariah pertama di Indonesia tersebut memerlukan tambahan modal minimal Rp 4,5 triliun.

Direktur Utama Bank Muamalat, Achmad Kusna Permana, mengatakan modal itu nantinya akan digunakan untuk meningkatkan pembiayaan, memperkuat modal, hingga menambah segmentasi bisnis.

"Kan saya bilang kalau kita bicara selama ini kan Rp 4,5 triliun. Mau Rp 4,5 triliun, Rp 5 triliun atau Rp 6 triliun itu tergantung nanti ekspansi bisnis sama write off, kan bisa jadi satu yang penting secara compliancenya bisa disesuaikan," kata Permana di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (11/4).

Dia mengatakan, salah satu pengembangan bisnisnya adalah masuk ke usaha ritel yang berbasis syariah, karena pangsa pasar sektor tersebut selama ini dinilai belum terisi.

"Ritel maupun korporasi tapi yang related dengan islamic gitu, karena dengan begitu akan menyebabkan kompetitor agak kagok karena orang kalo bicara segmen itu langsung top of mind nya Bank Muamalat," jelasnya.

Bank Muamalat (Foto: Antara Foto)

Selain itu, modal Rp 4,5 triliun tersebut juga akan digunakan untuk pencadangan menurunkan pembiayaan bermasalah atau non performing finance (NPF) yang saat ini sebesar 4,43% (yoy) selama 2017.

"Kami bicara Rp 4,5 triliun sebagian kami pakai untuk pencadangan, sebagian kami alokasikan ekspansi, karena ekspansi itu lah yang akan menurunkan NPF," kata dia.

Permana menjelaskan, dengan modal tersebut maka rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) Muamalat bisa menjadi 20%, dari yang saat ini sebesar 11,58%.

"Sekarang oke Rp 4,5 triliun jadi rileks, normal, tapi ekspansinya kami mau sampe CAR berapa, sampe 20% misalnya," tambahnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: