• 0

BCA Akan Terbitkan Kartu Kredit Berlogo Garuda Tahun Depan

BCA Akan Terbitkan Kartu Kredit Berlogo Garuda Tahun Depan


Ilustrasi Bank BCA.

Ilustrasi Bank BCA. (Foto: AFP/Romeo Gacad)
Perbankan saat ini tengah gencar mengganti kartu debitnya dengan kartu debit berlogo burung garuda merah. Pergantian ini sebagai langkah perbankan dalam mendukung program pemerintah dalam mengintegrasikan sistem pembayaran sehingga lebih efisien.
Direktur BCA, Santoso, mengatakan tahun ini perusahaan dengan kode emiten BBCA fokus untuk mengalihkan sekitar 2 juta kartu debitnya menjadi berlogo gerbang pembayaran nasional (GPN). Rencananya, di tahun depan BCA akan mulai menerbitkan kartu kredit berlogo GPN.
"Kalau untuk kartu kredit rencananya 2019 ya roadmap GPN, apakah bisa dipercepat atau tidak kita lihat saja," kata Santoso usai peluncuran kartu paspor BCA GPN di Menara BCA, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (16/4).

Direktur BCA, Santoso

Direktur BCA, Santoso (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Saat ini, kata Santoso, total kartu kredit yang tercatat di BCA mencapai 3,5 juta. Namun dia tak menjelaskan lebih rinci terkait pengalihan kartu kredit berlogo GPN tersebut.
"Iya minimum sama (lebih hemat). Kalau kartu kredit beda skemanya itu di merchant. Jadi merchant discount rate (MDR) turun, dulu kan sekitar 1,7-1,8%, enggak tahu turunnya jadi berapa," ujarnya.
Santoso menyebutkan, keuntungan lainnya menggunakan logo GPN di kartu kredit yaitu dapat meningkatkan keamanan sistem pembayaran. Sebab, pemasangan GPN telah menggunakan standar nasional teknologi kartu chip seperti yang diminta oleh Bank Indonesia (BI).
"Jadi masyarakat semakin senang dengan transaksi non tunai karena keamanan dan ada good governance yang tinggi. Jadi semuanya serba terjaga," katanya.

BisnisEkonomiPerbankanBCAGPN

presentation
500

Baca Lainnya