kumparan
28 Mei 2018 21:01 WIB

BCA Apresiasi Keputusan BI Gelar RDG Tambahan

Ilustrasi Bank BCA. (Foto: AFP/Romeo Gacad)
Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG) tambahan pada 30 mei mendatang. Padahal biasanya BI mengadakan rapat RDG setiap pertengahan bulan.
ADVERTISEMENT
Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Suwignyo Budiman, menilai keputusan yang diambil bank sentral tersebut merupakan langkah tepat dalam merespons kondisi pasar.
"Ya sering-sering rapat bagus lah. Gini maksud saya tuh, sekarang kan semua berubahnya cepat, perubahan ekonomi kan cepat. Jadi kalau rapatnya terlalu lama, nanti belum direspons. Kalau meeting diperbanyak saya kira bisa lebih cepat merespons," kata Suwignyo di Hotel Indonesia Kempinski, Senin (28/5).
BCA, kata Suwignyo pasca dinaikkannya suku bunga acuan, perusahaan belum menaikkan suku bunga kreditnya. Menurut dia, BCA akan mengikuti kondisi pasar.
"Kita kan tergantung, kalau bank ini kan sebetulnya sebagai intermediasi aja. Kalau orang penyimpan tabungan deposito kan maunya bunga tinggi tapi kalau pemimjam uang maunya bunga rendah. Jadi kita ini diantara itu ya kita juga ikutin aja," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Menurut Suwignyo, dalam RDG yang akan diadakan lusa nanti dirinya memprediksi jika BCA tidak akan menaikkan suku bunga acuannya. Seperti diketahui, pada RDG bulan lalu BI akhirnya memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 4,5%.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan