kumparan
6 Sep 2018 9:52 WIB

Bekraf dan BEI Luncurkan Platform Permodalan bagi Startup

Ilustrasi pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (4/9). (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan platform GSI atau Go Startup Indonesia. GSI merupakan sebuah platform gerakan bersama untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem bagi startup di Indonesia, khususnya pada sektor ekonomi kreatif di berbagai tingkatan usaha rintisan.
ADVERTISEMENT
GSI dapat pula diterjemahkan sebagai Govemment Support for startups in Indonesia. Platform GSI ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Bekraf dan BEI pada bulan April 2018 tentang program IDX Incubator.
Pada tahap awal, founder dari perusahaan rintisan lebih fokus pada aspek teknis dibandingkan dengan aspek manajerial, administrasi dan keuangan. Oleh karena itu, platform GSI akan mendorong financial literacy for startup sehingga arah dan pengembangan bisnis startup sudah dirancang sejak awal.
Kepala Bekraf Triawan Munaf mengungkapkan tujuan dibentuknya GSI tidak lain sebagai semangat untuk mendukung pertumbuhan industri startup di Indonesia.
"Dalam mengimplementasikan nota kesepahaman tersebut, Bekraf meluncurkan platform GSI yang merupakan suatu semangat dan gerakan bersama untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem yang kondusif bagi startup di Indonesia, khususnya pada sektor ekonomi kreatif di berbagai tingkatan siklus usaha rintisannya," ucapnya di Main Hal Ground Floor, Gedung BEI, Kamis (6/9) .
Bekraf Luncurkan Platform Permodalan di BEI, Jakarta Selatan, Kamis (06/09/2018). (Foto: Abdul Latif/kumparan)
Kehadiran GSI diharapkan dapat menjadi jawaban dan solusi untuk membantu startup dalam menghadapi tantangan dan permasalahan untuk maju dan berkembang seperti masalah soal permodalan. Selain itu, platform GSI juga fokus untuk mendorong tumbuhnya jumlah investor lokal untuk berinvestasi pada startup lokal yang memiliki prospek yang baik.
ADVERTISEMENT
GSI saat ini sedang mengembangkan website GoStartuplndonesia yang akan memfasilitasi kebutuhan startup dari hulu ke dalam proses pengembangan, website ini sudah dapat diakses melalul alamat http: v2.gostartupindonesia.id.
Melalui website ini, para startup berkesempatan terhubung pada ekosistem startup Indonesia. Selain update berita, acara, pelatihan, dan kesempatan kerja bagi startup, terdapat juga forum diskusi yang bisa diakses oleh startup, komunitas, mentor, dan investor hilir.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·