Pencarian populer

Berburu Bisnis Waralaba untuk Kaum Milenial

Suasana di Info Franchise & Business Concept (IFBC) Expo 2018. (Foto: Selfy Sandra Momongan/kumparan)
Pameran waralaba tahunan Info Franchise & Business Concept (IFBC) Expo 2018 kembali digelar hari ini di Balai Kartini, Jakarta. Pameran yang digelar hingga besok ini menawarkan sejumlah bisnis waralaba yang bisa dijajal masyarakat.
ADVERTISEMENT
Public Relation Neo Expo Pormosindo Fredy Ferdianto mengatakan, pameran ini bertujuan untuk menarik masyarakat menjadi wirausaha waralaba baru. Sehingga diharapkan semangat wirausaha bisa turut menopang laju pertumbuhan ekonomi Indonesia. Meski demikian dalam pameran ini, tidak hanya peluang bisnis waralaba yang ditawarkan. Namun juga ada bisnis keagenan dan bisnis opportunity (BO).
“Ini pameran ke 148. Kami selenggarakan sejak 2005. Setiap tahun kami adakan roadshow di berbagai kota. Nanti di sini tidak hanya franchise tapi keagenan, peluang bisnis juga ada,” ungkap Fredy kepada kumparan, Sabtu (24/11).
Fredy tidak menampik bahwa banyak masyarakat yang sebenarnya ingin memulai bisnisnya secara mandiri. Namun seringkali mereka menghadapi beberapa kendala. Termasuk masih adanya keraguan untuk memulai bisnis. Lewat IFBC Expo 2018 ini, Fredy mengatakan masyarakat bisa melihat dan belajar terlebih dulu sebelum memulai bisnisnya.
ADVERTISEMENT
“Makanya kami siapkan workshop di panggung utama. Ada juga stand untuk konsultasi bisnis, itu gratis. Jadi kalau ada masyarakat yang pengen wirausaha tapi belum terlalu yakin, boleh mengikuti workshop atau konsultasi dulu biar yakin,” ujarnya.
Suasana di Info Franchise & Business Concept (IFBC) Expo 2018. (Foto: Selfy Sandra Momongan/kumparan)
Menurut Fredy di IFBC Expo 2018 kali ini, terdapat sebanyak sekitar 130 stand yang mewakili 146 usaha waralaba dan BO, baik dari dalam maupun luar negeri seperti dari Malaysia, Jepang, Korea, dan Singapura. Bisnis yang ditawarkan pun beragam mulai dari ritel, makanan, laundry, pendidikan hingga kecantikan. Meski demikian, Fredy mengakui bisnis makanan masih mendominasi di pameran kali ini.
“Makanan tetap dominan ya, 60 sampai 70 persen. Tapi yang sedang naik daun itu pendidikan dan spa,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Fredy juga mengklaim bahwa pameran kali ini juga cocok bagi milenial, sebab peluang usaha ini bisa dimulai di harga yang cukup ekonomis yaitu Rp 1.500.000.
“Ada waralaba makanan coklat. Itu start from Rp 1,5 juta aja. Jadi sangat cocok buat milenial. Buat sampingan juga boleh banget,” ujarnya.
Pameran hari ini dan besok dibuka mulai pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB untuk area. Sedangkan tiket box dilayani hingga pukul 20.00 WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86