kumparan
8 Jun 2018 16:04 WIB

BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2018 Capai 5,2%

Bongkar muat peti kemas (Foto: Helmi Afandi/kumparan)
Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II tahun ini mencapai 5,2%. Hal ini didorong beberapa komponen pertumbuhan ekonomi yang sejak kuartal I 2018 sudah tumbuh membaik dan diperkirakan terus bertahan.
ADVERTISEMENT
“Di kuartal II pertumbuhan ekonomi kami proyeksi 5,2%,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo, di Gedung BI Thamrin, Jakarta, Jumat (8/6)
Perry mengatakan beberapa kebijakan fiskal pemerintah akan mendorong konsumsi masyarakat, seperti pemberian THR kepada PNS dengan ditambah tunjangan kinerja dan pencairan gaji ke-13.
“Apakah dengan gaji ke-13 maupun yang lain-lain, itu juga bisa dorong ke konsumsi,” katanya.
Namun demikian, Perry memperkirakan kondisi konsumsi rumah tangga yang menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2018 diperkirakan belum bisa menembus 5%.
Sementara komponen ekpsor diperkirakan pada kuartal II 2018 akan cukup baik. Investasi swasta diperkirakan juga semakin membaik, di mana sejak kuartal I-2018 sudah menunjukkan pertumbuhan 7,9%.
“Kami lihat geliat ekonomi terus meningkat dari kuartal I 2018. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi pada tahun ini bisa 5,2%,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan