kumparan
28 Jul 2019 16:29 WIB

BIJB Rayu Airlines Gantikan Rute yang Ditutup Citilink di Kertajati

Suasana di kawasan Bandara Kertajati. Foto: Putri Sarah Arifira & Helmi Afandi Abdullah/kumparan
PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) saat ini sedang merayu perusahaan maskapai penerbangan yang tertarik membuka rute pasca penutupan sementara 3 rute Citilink Indonesia.
ADVERTISEMENT
Adapun tiga rute yang ditutup Citilink yakni penerbangan Kertajati-Medan, Kertajati-Denpasar, dan Kertajati-Palembang.
Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis PT BIJB, Agus Sugeng Widodo, mengatakan penutupan rute Citilink yang cukup berdampak adalah rute Palembang. Sebab, tak ada maskapai lain yang terbang untuk rute tersebut.
"Kami mencoba merayu airlines yang lain untuk terbang ke sana," kata Agus kepada kumparan, Minggu (28/7).
Sementara itu, kata Agus, rute selain Palembang saat ini masih bisa dilayani seperti Bali. "Kayak Bali enggak masalah," imbuh dia.
Agus tak merinci maskapai yang sedang dijajaki untuk membuka rute tersebut. Namun dia menekankan prosesnya berlangsung dengan pertimbangan matang.
"Mudah-mudahan (ada yang mau), belum tau. Lama itu ngurus business plan, perizinannya, tidak semudah itu, karena ada kekhawatiran juga kalau buka terus mati (ditutup) lagi kan ada kekhawatiran juga," ujarnya.
Aktivitas pesawat di Bandara Kertajati. Foto: Putri Sarah Arifira & Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Menyoal penutupan 3 rute Citilink itu, pihak Agus mengaku sebetulnya tak melihat adanya masalah kurangnya jumlah penumpang. Sebab, kata dia, jumlah penumpang di bandara Kertajati sudah makin baik.
ADVERTISEMENT
"Kalau alasannya di surat (Citilink) karena komersial. Tapi kalau kita lihat load factor-nya itu cukup bagus kok, dibandingkan misalkan dua bulan terakhir di Bandung lebih tinggi kok," ujarnya.
Corporate Secretary PT BIJB Arief Budiman menambahkan, selama hampir sebulan sejak pengalihan rute pada 1 Juli 2019 rata-rata bandara Kertajati mampu melayani 3.400 penumpang per hari.
"Pergerakan pesawat rata rata 30-32 pergerakan, rata rata penumpang perhari 3.400 penumpang dalam 25 hari terakhir," katanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan