Pencarian populer

BPKN Desak Kemenhub Hapus Tarif Batas Bawah Tiket Pesawat

Konferensi pers Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) soal Dinamika Transaksi Ekonomi Digital. Foto: Resya Firmansyah/kumparan

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) mendesak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menghapus Tarif Batas Bawah (TBB) tiket pesawat. Saat ini TBB tercatat sebesar 35 persen dari Tarif Batas Atas (TBA).

Ketua BPKN Ardiansyah Parman menyampaikan, penghapusan TBB bisa membuat tiket pesawat lebih murah. Dengan adanya TBB, menurut dia, konsumen menjadi kehilangan kesempatan untuk menikmati penerbangan murah.

"TBB itu membatasi fleksibilitas dari perusahaan penerbangan untuk memberikan layanan. Sebenarnya perusahaan itu memungkinkan menerapkan tarif di bawah TBB," ujarnya saat ditemui di Gramedia Matraman, Jakarta, Sabtu (20/4).

Dia mencontohkan, tiket pesawat murah bisa dijual maskapai ketika misalnya terdapat penerbangan pagi di Makassar, pesawat yang berangkat dari Jakarta untuk terbang keesokan harinya, kemudian membawa penumpang.

Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Ardiansyah Parman. Foto: Resya Firmansyah/kumparan

Pesawat yang berangkat dini hari membuat maskapai bisa menjual tiket pesawat murah di bawah TBB, sebab sebelumnya tak diisi penumpang. Di samping itu, risiko dari harga tiket murah yakni terbang dini hari diyakini bisa diterima masyarakat.

"Nah orang mau berkorban pagi sekali asal murah. Nah daripada kosong, ini bisa diterapkan tarif di bawah TBB," tegas Ardiansyah.

Dia menambahkan, pihaknya saat ini tengah mengundang berbagai pihak, mulai dari Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub hingga ahli kebijakan transportasi udara. Ardiansyah yakin, kebijakan ini tak mustahil untuk dilakukan.

"Ini kan sudah dilakukan juga oleh perusahaan penerbangan asing di luar negeri. Harapan kami (kajian ini) tahun ini, sebelum September 2019 sudah selesai," katanya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22