kumparan
15 Apr 2019 14:29 WIB

Buat yang Tak Golput Saat Pemilu, Ada Diskon dari Tokopedia hingga XXI

Konferensi pers KlingKing Fun, Pesta Diskon Anti Golput di Luwansa Hotel, Jakarta, Senin (14/4). Foto: Nurul Nur Azizah/kumparan
Di momen Pemilu 17 April 2019 ini, bakal ada program menarik berupa pemberian diskon sampai 50 persen dari 250 brand dan gerai ternama di seluruh Indonesia.
ADVERTISEMENT
Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Jaringan 107 Radio Peduli Pemilu, serta ratusan pengusaha menyelenggarakan KlingKing Fun alias Pesta Diskon Anti Golput.
Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk mengajak masyarakat terlibat aktif dalam pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia.
Selain meningkatkan partisipasi, Triawan juga berharap kegiatan ini bisa memberikan kegembiraan sehingga masyarakat tak terpecah-belah.
“Ini akan menggairahkan kembali setelah capek 6 bulan kampanye, ritel juga agar kembali normal mengejar target pertumbuhan di Indonesia. Ini pesta yang tidak berpihak kanan atau kiri, tapi kematangan demokrasi,” katanya di konferensi pers di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (15/4).
Senada, pengusaha nasional Sofjan Wanandi menambahkan, inisiatif ini lahir untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar menentukan pilihannya dalam Pemilu. Dengan kata lain, mencegah golput.
ADVERTISEMENT
Pesta diskon pemilu KlingKing Fun itu, kata dia, bakal menyasar setidaknya 192 juta pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019.
“Bagaimana memberikan insentif supaya masyarakat mau datang (ke TPS), setelah melakukan hak memilih bisa bergembira, tidak bersaing. Tujuan buat enggak golput dan bergembira kembali, entah milih nomor 1 atau 2 kita bergembira kembali, kita bersatu kembali,” ucapnya.
Ia menyebut bakal ada banyak toko online, fashion, makanan dan minuman, bioskop, dan lainnya yang terlibat. Beberapa di antaranya adalah Tokopedia, Sogo, Seibu, Wacoal, Sushi Tei, Alfamart, Cinema XXI, ACE Hardware, Electronic City, dan banyak lagi lainnya.
Caranya mudah, tinggal menunjukkan jari kelingking setelah melakukan pencoblosan di TPS (Tempat Pemungutan Suara).
ADVERTISEMENT
“Untuk e-commerce, ada ada di website, foto klingking di tinta pemilih. Disediakan aplikasi khusus di merchant-merchant Tokopedia yang ada,” pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan