kumparan
10 Sep 2019 17:02 WIB

Cegah Blackout Terulang Lagi, PLN Mau Studi Banding ke Inggris

Suasana sebagian Kota Jakarta tampak padam saat listrik mati secara massal, pada Minggu (4/8). Foto: Antara Foto/Nova Wahyud
PT PLN (Persero) menjalankan beberapa program perbaikan agar insiden mati listrik massal di Jabodetabek, Banten, serta sebagian Jawa Tengah yang terjadi pada Minggu (4/8) lalu tidak lagi terulang.
ADVERTISEMENT
Pelaksana Tugas Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani menyebut, agar insiden listrik padam itu tak terulang, pihaknya akan melakukan studi banding mengenai sistem kelistrikan ke London, Inggris.
"Kami juga akan lakukan studi banding ke be‎berapa negara terkait dengan blackout di UK (United Kingdom/Inggris). Kita akan lihat perbandingan sistem kelistrikan di Indonesia, khususnya di Jawa-Bali dengan di London. Kami menyadari pasti ada perbedaan," ucapnya dalam Rapat Kerja di Komisi VII DPR RI, Jakarta, Selasa (10/9).
Plt Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN), Sripeni Inten Cahyani. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Selain itu, pihaknya juga tengah melakukan peninjauan dan perbaikan sistem proteksi kelistrikan yang berkaitan dengan pembangkit listrik dan gardu induk. Dalam urusan ini, PLN menggandeng General Electric (GE) dan Siemens.
"‎Dalam review kami libatkan manufaktur dari GE, Siemens, apakah ada teknologi yang berkembang untuk dapat kami update kembali, bagaimana sistem proteksi di pembangkit, transmisi, maupun gardu induk," kata Sripeni.
Pelaksana tugas PLT Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani (kedua kanan) dan Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana (tengah) melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (10/9). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Lalu, menurut dia, PLN juga menggandeng TNI untuk memudahkan pihaknya dalam melakukan pemeliharaan jaringan listrik. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalkan gangguan pada saat pemeliharaan dilakukan.
ADVERTISEMENT
‎"Berkaitan dengan crisis center terpadu, kami perbaiki dari teknologi sistem komunikasi, bagaimana kami memonitor emergency system. Sedang kami siapkan crisis center," ucapnya.
Di samping itu, PLN juga melakukan peningkatan layanan contact center yang dapat dihubungi masyarakat. Harapannya ketika gangguan terjadi, PLN tetap dapat mencatat keluhan yang disampaikan oleh pelanggan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·