Pencarian populer

Cek Angkutan Mudik, Menhub Tinjau Bandara Soetta hingga Stasiun Gambir

Menhub, Budi Karya Sumadi tinjau Bandara Soetta. (Foto: Elsa Toruan/kumparan)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hari ini melakukan kunjungan ke beberapa tempat untuk melakukan pemeriksaan dan pengecekan kesiapan angkutan mudik lebaran 2018.
ADVERTISEMENT
Selain Bandara Internasional Soekarno Hatta, Budi dijadwalkan juga akan melakukan kunjungan ke Terminal Pulo Gebang dan Stasiun Gambir, Jakarta, pada Minggu (3/6).
Budi mengatakan, kesiapan semua sarana dan prasarana angkutan mudik lebaran penting untuk menjaga kepercayaan publik terhadap angkutan umum. Hal ini bisa menjadi salah satu upaya untuk mengurangi volume kendaraan di jalan raya.
"Saya diberi pesan oleh Pak Pesiden bahwa mudik kali ini adalah mudik guyub rukun yang bahagia. Untuk itu kita lakukan pengecekan secara menyeluruh," ujar Budi saat ditemui di Bandra Soekarno Hatta, Minggu (3/6).
Menhub, Budi Karya Sumadi tinjau Bandara Soetta. (Foto: Elsa Toruan/kumparan)
Beberapa hal yang diakui oleh Budi telah dilakukan pengecekan adalah hal-hal yang bersifat umum di 35 bandara yang ada di bawah pengawasan Kementerian Perhubungan. Sementara, pengawasan di 12 bandara lainnya dikatakan oleh Budi dilakukan oleh Airnav.
ADVERTISEMENT
Untuk mengecek pelayanan, Kemenhub telah menurunkan beberapa tim untuk meneliti seluruh bandara di Indonesia.
"Diharapkan dengan pertumbuhan penumpang pesawat sebesar kurang lebih 10% atau sekitar 5,68 juta orang dan rincian di timur diprediksi bakal tumbuh lebih dari 15%, dan di wilayah barat akan tumbuh sampai 6%, kita bisa melaksanakan mudik yang aman dan nyaman. Kasihan kan mereka yang sudah mudik satu tahun sekali, tapi kalau kita kecewakan akan sangat sia-sia," tambahnya.
Menhub, Budi Karya Sumadi tinjau Bandara Soetta. (Foto: Elsa Toruan/kumparan)
Selain itu, Budi memantau persiapan posko terpadu Angkasa Pura II di Terminal I Bandara Soekarno Hatta melalui Teleconference. Beberapa hal yang disampaikan kepada seluruh operator posko terpadu adalah tidak mengutamakan ego dan melayani seluruh stakeholder, mengedepankan akurasi data setiap saat, melibatkan media sebagai jembatan informasi antara pengguna jasa angkutan mudik lebaran dengan penyedia, dan konsisten melakukan semua pengecekan.
ADVERTISEMENT
"Yang penting itu harus konsisten. Jangan hanya karena lebaran dilakukan ini semua, kalau bisa setelah selesai lebaran terus dilakukan," tutup Budi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80