kumparan
17 Sep 2019 18:21 WIB

Curhat Sri Mulyani 3 Minggu Rampungkan Pembahasan Anggaran dengan DPR

Rapat Komisi XI DRR RI dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Nicha Muslimawati/kumparan
Sebentar lagi, masa jabatan para menteri di Kabinet Kerja Jilid I akan segera berakhir. Adapun seluruh jajaran Kabinet Kerja Jilid II yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan dilantik pada Oktober mendatang.
ADVERTISEMENT
Hal ini lantas menimbulkan ketegangan di kalangan para menteri, khususnya bagi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Pasalnya, dia harus menyelesaikan pembahasan anggaran setiap kementerian/lembaga (K/L) hanya dalam kurun waktu tiga minggu.
“Minggu ini adalah minggu tergila bagi kami. Mengingat sebentar lagi akan memasuki masa transisi dari parlemen yang lama ke yang baru. Kami harus banyak lakukan pertemuan untuk membahas soal anggaran. Karena hanya tinggal tiga minggu untuk selesaikan pembahasan anggaran,” katanya saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (17/9).
Menteri Keuangan, Sri Mulyani (tengah) mengikuti rapat kerja membahas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2020 di ruang Badan Anggaran DPR RI, Jakarta. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Untuk itu dia meminta maaf lantaran tak bisa datang untuk menjadi pembicara dalam diskusi publik “2019 CSIS Global Dialogue” kemarin. Dia mengaku sadar harusnya datang dan memberi sedikit pengalaman.
ADVERTISEMENT
Namun, lagi-lagi karena kesibukan untuk melakukan sejumlah pertemuan, dia batal hadir. Meski begitu, Sri Mulyani mengaku bersyukur bisa bertemu dengan seluruh jajaran dalam parlemen saat ini dengan intens.
“Saya sadar harusnya ada sesi dimana saya yang berbicara kemarin tapi saya minta maaf karena tak bisa menepati komitmen. Kami harus lakukan banyak pertemuan untuk membahas soal anggaran, tapi syukurnya intensitas bertemu bisa lebih banyak,” tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan