Pencarian populer

Dengan Kekayaan Rp 590 Triliun, Jack Ma Mundur Sebagai Bos Alibaba

Alibaba (Foto: REUTERS/Aly Song)

Pendiri yang juga Executive Chairman kerajaan e-commerce Alibaba, Jack Ma, akan meninggalkan jabatannya itu pada Senin (10/9) besok. Dari bisnis yang didirikannya sejak 1999 itu, Jack Ma telah memiliki kekayaan pribadi USD 40 miliar atau dengan kurs saat ini lebih dari Rp 590 triliun.

Dalam daftar orang terkaya dunia tahun 2018, Majalah Forbes menempatkan Jack Ma di posisi 20. Sedangkan di China, Jack Ma ada di urutan kedua di bawah Ma Huateng yang merupakan pendiri dan chairman Tencent Holdings.

Alibaba sendiri yang bisnisnya meliputi jual-beli online, produksi film dan komputasi penyimpanan virtual atau cloud, kini memiliki nilai pasar lebih dari USD 400 miliar atau hampir Rp 6.000 triliun.

Meski mundur dari posisinya sekarang, Jack Ma akan tetap berada di dewan direksi Alibaba, tetapi fokusnya akan pada filantropi dalam pendidikan. Mantan guru bahasa Inggris itu mengaku sangat mencintai dunia pendidikan. "Saya suka pendidikan," kata Jack Ma dalam wawancara dengan Times.

Jack Ma. (Foto: AFP/Jorge Silva)

Dalam wawancara itu, Jack Ma mengatakan mundurnya dia dari pucuk pimpinan Alibaba tidak akan menjadi akhir dari sebuah era tetapi sebaliknya akan menjadi 'awal dari sebuah era'. Hari pengunduran dirinya besok, merupakan hari ulang tahunnya saat dia genap 54 tahun.

Keinginannya untuk lebih fokus di kegiatan sosial (filantropi), diakui terinspirasi dari pendiri Microsoft, Bill Gates. "Banyak sekali hal yang bisa saya pelajari dari Bill Gates," katanya.

"Saya tidak pernah bisa menjadi sekaya dia, tetapi satu hal yang dapat saya lakukan melebihi dia adalah pensiun lebih awal. Saya pikir suatu hari nanti, dan segera, saya akan kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang saya pikir lebih baik untuk saya lakukan daripada menjadi CEO di Alibaba."

Jack Ma di upacara penutupan Asian Games 2018. (Foto: REUTERS/Cathal Mcnaughton)

Saat penutupan Asian Games ke-18 di Jakarta pada Minggu (2/9) lalu, Jack Ma hadir di acara yang berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Sehari sebelumnya, dia juga menemui Presiden Joko Widodo di Istana Bogor.

Kehadiran Jack Ma di rangkaian acara penutupan Asian Games ke-18, terkait tuan rumah Asian Games mendatang pada 2022 yang akan berlangsung di Hangzhou, kota kelahirannya dan juga markas dari Alibaba.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: