kumparan
4 Jun 2018 15:27 WIB

Dirut Garuda Tegaskan Tidak Ada Mogok Kerja Pilot di Lebaran

Pahala N. Mansury, Dirut Baru Garuda Indonesia. (Foto: Antara/Fajrin Raharjo)
Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) Pahala N Mansury menegaskan, pilot Garuda Indonesia yang tergabung dalam Serikat Karyawan Garuda (Sekarga) tak akan mogok kerja saat arus mudik Lebaran 2018.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya diberitakan, pilot Garuda Indonesia mengancam akan melakukan mogok kerja karena berbagai tuntutannya tidak dipenuhi. Misalnya mendesak pergantian direksi yang mengutamakan profesional dari internal GIAA.
“Terakhir, semalam tanggal 3 Juni 2018, dikeluarkan pernyataan serikat pekerja dan asosiasi pilot menekankan tidak ada rencana mogok pada peak season Lebaran,” katanya di Ruang Rapat Komisi V DPR RI, Jakarta, Senin (4/6).
Rapat Dengar Pendapat Komisi V DPR RI soal Mudik (Foto: Resya Firmansyah/kumparan)
Pahala pun mengungkapkan, surat pernyataan itu terbit setelah Sekarga bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B Pandjaitan pada 31 Mei 2018 lalu. Dia memandang, terdapat titik terang dari pertemuan itu.
“Setelah pertemuan Menko Maritim pada 31 Mei 2018 lalu, kelihatannya ada titik terang. Sebelumnya kami juga sudah berusaha menangkap aspirasi serikat pekerja dan asosiasi pilot,” paparnya.
ADVERTISEMENT
Dia menambahkan, untuk memastikan tak ada mogok kerja pada arus mudik Lebaran 2018, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Sekarga untuk menindaklanjuti surat pernyataan yang diterbitkan pada 3 Juni 2018 lalu.
“Tapi kami tetap melakukan kesiapan SDM dan peralatan yang kami miliki untuk mempersiapkan masa peak season agar operasional tetap terjaga,” tegas Pahala.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan