Pencarian populer

Dongkrak Penjualan, Pengusaha Ritel Akan Gelar Diskon Belanja 73%

Diskon jelang akhir tahun di Grand Indonesia (Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan)

Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (HIPPINDO) akan menggelar program diskon belanja besar-besaran bertema Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI). Cara ini dilakukan untuk mendongkrak penjualan khususnya setelah momen Lebaran.

Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah mengatakan biasanya tren penjualan para pelaku usaha ritel offline mengalami peningkatan pendapatan saat bulan Ramadhan hingga Lebaran. Namun pendapatan mereka akan merosot tajam usai Lebaran.

"Omzet terbesar untuk ritel, khususnya fashion itu Lebaran. Sementara di bulan Agustus itu selama bertahun-tahun justru anjlok enggak pernah bagus. Makanya kita buatlah event ini untuk menaikkan penjualan dan ternyata naik," ungkap Budihardjo saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jalan Ridwan Rais, Jakarta, Jumat (8/6).

Menurut rencana, gelaran HBDI akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2018 atau bertepatan dengan pembukaan Asian Games sampai dengan 2 September 2018. Walaupun baru digelar 2 bulan lagi namun persiapan sudah dilakukan sejak sekarang.

Diskon sepatu Clarks jelang tutup di Mal GI (Foto: Ema Fitriyani/kumparan)

"Hari belanja online nasional kan ada, ya kita juga buat dong hari ritel offline nasional pada 8-8-2018 nanti," tambahnya.

Budihardjo menjelaskan kegiatan HBDI 2018 ini nantinya akan dibuka secara resmi di Kota Palembang, Sumatera Selatan dan dilaksanakan secara serentak di seluruh pusat perbelanjaan yang ada di Indonesia. Tercatat ada sekitar 400 hingga 500 merek ritel offline dalam negeri yang turut memeriahkan HBDI 2018. Diskon yang diberikan pada tahun ini juga disesuaikan dengan usia Republik Indonesia yang memasuki 73 tahun, yakni sebesar 73% dan juga akan ada potongan harga sebesar Rp 73 ribu.

"Kami menargetkan pertumbuhan sebesar 20% dari omzet HBDI 2017. Minimal di atas Rp 100 triliun kami bisa peroleh. Soalnya ada Asian Games, ini bisa mengundang konsumsi belanja masyarakat apalagi turis asing," ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia HBDI 2018 Fetty Kwartati mengungkapkan event HBDI sekaligus akan memeriahkan event Asian Games dan juga ulang tahun Republik Indonesia ke-73.

"Ini diadakan untuk merayakan hari kemerdekaan sekaligus memeriahkan Asian Games 2018 nanti," timpal dia.

Acara peresmian program HBDI 2018 dihadiri juga oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23