Pencarian populer

Fakta-fakta Menteri PUPR yang Rela Rumahnya Digusur untuk Lahan Tol

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono Foto: Ela Nurlaela/kumparan

Rumah pribadi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono‎ di Bekasi, Jawa Barat akan kena gusur akibat pembangunan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Adapun kabar rumah Menteri PUPR akan kena gusur itu diungkapkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD melalui akun twitter miliknya @mohmahfudmd pada Rabu (15/5) lalu.

"Menarik, rumah pribadi Menteri‎ PUPR Basuki Hadi Mulyono di Bekasi akan digusur untuk proyek jalan tol," kata Mahfud MD.

Dia pun mengapresiasi Basuki lantaran tak menghalangi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk menetapkan trase proyek tol melewati rumahnya. Padahal Basuki merupakan pemegang kewenangan mengatur tol di Indonesia.

"Padahal dia lah yang menjadi pimpinan pembuatan jalan. Dulu diberitakan ada pejabat daerah yang membelokkan rencana jalan tol agar tak melewati tanah pribadinya. Hormat untuk Pak Basuki," ucapnya.

Saluran air yang dibangun Waskita Karya di Proyek Tol Becakayu di Cawang untuk atasi banjir Foto: Resya Firmansyah/kumparan

Berikut fakta mengenai penggusuran rumah Menteri PUPR yang dirangkum kumparan:

1. Ganti Rugi Rumah Menteri PUPR Sama seperti Warga Lain

Pembangunan Tol Becakayu dilakukan oleh PT Waskita Toll Road, anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT). Sekretaris Perusahaan Waskita Toll Road Alex Siwu memastikan ganti rugi rumah Menteri PUPR tak berbeda dengan warga lain.

"Iya (ganti rugi sama seperti warga lain). Tentunya sesuai dengan penilaian yang wajar," katanya kepada kumparan, Rabu (15/5).

Dia menambahkan, Tol Becakayu merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN), di mana dana pembebasan lahannya dibiayai oleh Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Keuangan, yakni Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Oleh karenanya, ketika LMAN yang membiayai pembebasan lahan, rumah pribadi Menteri PUPR akan di-appraisal sama seperti rumah atau lahan milik warga lain. Pun selama ini, tak pernah ada intervensi dari Kementerian PUPR terkait penggusuran rumah Menteri PUPR.

"Untuk penetapan lokasi ruas tol sebenarnya ada di Bina Marga Kementerian PUPR dan Pemprov DKI Jakarta," tegas Alex.

2. Tol Becakayu Seksi 2B Dibangun Akhir 2019

Rumah pribadi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terletak di Pengairan Rawa Semut Margahayu, Bekasi Timur. Adapun rumah pribadi Basuki tersebut akan dilintasi oleh pembangunan Tol Becakayu seksi 2B Jakasampurna-Tambun.

Berdasarkan rencana, jika administrasi persiapan proyek telah selesai, pembangunan ruas tol sepanjang 16,01 kilometer (km) itu dilakukan pada akhir tahun 2019. Sementara pembangunan ditarget selesai di tahun 2021.

"Saat ini masih kajian FS (Feasibility Study) untuk lokasinya. Kami sebagai investor mengikuti sesuai dengan penetapan lokasi," jelas Sekretaris Perusahaan Waskita Toll Road Alex Siwu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23