Pencarian populer

Gerai Ritel Berguguran di 2017: dari GAP Sampai Debenhams

Hari terakhir Debenhams Senayan City (Foto: Ema Fitriyani/kumparan)

Tahun 2017 bukan tahun yang baik bagi bisnis ritel di Indonesia. Secara umum pertumbuhan penjualan melambat, bahkan tak jarang menyebabkan kerugian.

Pelemahan daya beli secara umum dan pola belanja masyarakat yang berubah dari offline ke online ditengarai sebagai penyebabnya. Ada yang memilih bertahan, ada yang tumbang. Berikut ritel-ritel tumbang di 2017 yang dirangkum kumparan (kumparan.com):

1. 7-Eleven

Penutupan seluruh gerai 7-Eleven akhir Juni lalu mendapat perhatian besar. Tak ada lagi gerai 7-Eleven di setiap sudut Kota Jakarta, yang sempat menjadi tempat nongkrong favorit anak muda.

Perusahaan beralasan adanya keterbatasan sumber daya yang dimiliki perseroan untuk menunjang kegiatan operasional. Apalagi, rencana akuisisi Sevel oleh PT Charoen Pokphand Restu Indonesia urung dilakukan.

Banyak juga yang menilai tutupnya Sevel disebabkan kerugian setelah dilarang menjual minuman beralkohol yang diatur Peraturan Menteri Perdagangan tahun 2015 tentang Pengendalian, dan Pengawasan Terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjulan Minuman Beralkohol. Penjualan bir di Sevel memang cukup laku sehingga ritel mengandalkan penjualan bir untuk menopang bisnisnya.

2. Matahari

Emiten ritel, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) menutup 2 gerai miliknya di Pasaraya Blok M dan Manggarai akhir September 2017. Penutupan disebabkan kedua gerai tersebut sepi pengunjung dan kinerjanya dinilai tak sesuai target.

Matahari kembali menutup gerainya di Mal Taman Anggrek pada 3 Desember dan Lombok City Centre pada 31 Desember nanti. Matahari Mal Taman Anggrek yang tutup terlebih dahulu telah menggelar closing down sale yang diserbu oleh para pembeli.

3. GAP

Gerai-gerai GAP rencananya akan ditutup secara keseluruhan di tahun depan. Di Indonesia, GAP memiliki 5 gerai yang berlokasi di Pondok Indah Mall 2, Grand Indonesia, Lippo Mall Puri, Kuta Beach Walk, dan Surabaya Tunjungan Plaza.

Saat ini, gerai yang di Bali dan di Pondok Indah Mall 2 sudah ditutup. Sementara gerai GAP di Grand Indonesia, Lippo Mall Puri, dan Surabaya akan ditutup pada Februari tahun depan.

PT Gilang Agung Persada, perusahaan yang mempunyai gerai GAP mengaku akan fokus di sektor Fast Moving Fashion Accesoris untuk menggarap pasar di kalangan menengah ke bawah.

4. Lotus Department Store

Lotus menambah deretan perusahaan ritel yang terpaksa menutup gerainya. Pada akhir Oktober 2017, semua gerai Lotus resmi ditutup.

Perusahaan ritel yang dikelola PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) ini dikenal menjual berbagai produk pakaian, sepatu, hingga perlengkapan rumah tangga lainnya. Corporate Secretary (Corsec) MAPI, Fetty Kwartati, mengungkapkan Lotus terpaksa ditutup karena perusahaan tengah melakukan restrukturisasi.

5. Debenhams

Ditutupnya Debenhams menjadi pelengkap tumbangnya gerai-gerai ritel di Indonesia tahun ini. Terhitung, Debenhams di Senayan City menjadi gerai terakhir yang akan ditutup PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) sebagai pemegang lisensi tepat pada pukul 22.00 WIB malam ini.

Hingga sore ini, pukul 17.00 WIB, tampak beberapa petugas sudah mengangkut barang-barang yang sebelumnya terpajang untuk dikembalikan ke pemasok.

Di Indonesia, ada 3 gerai Debenhmas, yakni di Senayan City, Kemang Village, dan Supermall Karawaci. Per 1 Januari 2018 ketiga gerai ini tidak beroperasi lagi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: