Pencarian populer

Gerbang Tol Cikarang Utama Dipastikan Setop Operasi Mulai 23 Mei 2019

Kondisi lalu lintas di Gerbang Tol Cikarang Utama. Foto: Ferry Fadhlurrahman/kumparan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan pembangunan 2 Gerbang Tol (GT) baru pengganti GT Cikarang Utama pada Tol Jakarta-Cikampek yang dibongkar selesai 19 Mei 2019.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit, nantinya 2 GT baru yang terletak di Purwakarta, Jawa Barat, dioperasikan mulai 23 Mei 2019.

"Dioperasikan mulai 23 Mei 2019 pukul 00.00 WIB," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (16/5).

Dia pun menjelaskan, sebanyak 2 GT itu yakni GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama. Kedua GT itu dibangun di ruas Tol Cikopo-Palimanan Km 70 dan Tol Cipularang Km 67.

Pengendara memperlambat laju kendaraannya saat memasuki Gerbang Tol Cikarang Utama 1 di Cikarang. Foto: Antara/Risky Andrianto

"Tujuannya ada pemindahan ini kan bertujuan untuk menghindari beban GT Cikarang Utama yang sudah sangat padat dan sering menimbulkan kemacetan parah," kata Danang.

Nantinya di GT Cikampek Utama akan terdapat 15 pintu masuk dan 15 pintu keluar. Sementara di GT Kalihurip Utama akan terdapat 15 pintu masuk dan 17 pintu keluar.

"Kami terus melakukan sosialisasi terkait pemindahan ini. Sosialisasinya ini kan sebenarnya sudah kami lakukan sejak lama," ucapnya.

Dia menambahkan, Surat Keputusan Menteri PUPR terkait pemindahan GT Cikarang Utama ke GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama sudah terbit pada Rabu (15/5) kemarin.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23