• 1

Gubernur BI: Kurs Rupiah Saat Ini Sesuai Nilai Fundamental

Gubernur BI: Kurs Rupiah Saat Ini Sesuai Nilai Fundamental


Gubernur BI, Agus Dermawan Wintarto Martowardojo

Gubernur BI, Agus Dermawan Wintarto Martowardojo (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berfluktuasi selama Maret 2018. Berdasarkan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia, kurs rupiah hari ini ditutup di Rp 13.757, menguat dibandingkan Senin (12/3) sebesar Rp 13.768.
Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, fluktuasinya nilai rupiah itu karena adanya dinamika eksternal. Namun bank sentral terus melakukan upaya stabilisasi agar rupiah tetap pada nilai fundamentalnya.
"Dinamika di eksternal ke ekonomi dunia, termasuk Indonesia. Jadi pengaruh eksternal ke Indonesia," ujar Agus usai rakor di Kemenkeu, Jakarta, Selasa (13/3).

Ilustrasi uang rupiah

Ilustrasi uang rupiah. (Foto: REUTERS/Thomas White)
Meski demikian, Agus mengatakan, nilai tukar rupiah saat ini masih mencerminkan nilai fundamentalnya. "BI bisa menjaga bahwa stabilitas nilai rupiah tetap mencerminkan fundamental ekonomi kita dan selama ini ada di kisaran seperti sekarang ini di Rp 13.700," jelasnya.
Agus pun memastikan, bank sentral akan terus hadir menjaga stabilitas rupiah. Bahkan saat ini ditanya apakah rupiah terhadap dolar AS akan mencapai level Rp 15.000, dirinya enggan menjelaskan lebih lanjut.
"Dalam kondisi ini BI ingin fokus menjaga stabilitas nilai tukar," tambahnya.

BisnisEkonomiRupiahBank IndonesiaAgus Martowardojo

presentation
500

Baca Lainnya