kumparan
20 Jan 2019 14:08 WIB

INKA Ekspor Lagi ke Bangladesh, 15 Gerbong Kereta Mulai Dikirim

PT INKA kembali Ekspor gerbong kereta ke Bangladesh. (Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan)
PT INKA (Persero) kembali mengekspor kereta penumpang ke Bangladesh Railway pada Minggu (20/1). Sebanyak 15 dari 250 gerbong kereta penumpang siap dikirim ke Bangladesh.
ADVERTISEMENT
Direktur Utama PT INKA (Persero), Budi Noviantoro, menyebutkan bahwa kereta penumpang ini bakal dikirim secara bertahap ke Bangladesh hingga Juli mendatang.
Budi menyebut ada dua jenis kereta penumpang yang bakal diekspor ke Bangladesh. Jenis itu adalah tipe BG (Broas Gauge) sebanyak 50 gerbong kereta dan tipe MG (Meter Gauge) sebanyak 200 gerbong kereta.
"Yang dikirim saat ini kereta tipe BG, yang jarak rodanya 1.676 mm. Ini berat, untuk (didesain) penumpang di atas enggak apa-apa ya," kata Budi Pelabuhan Perak, Surabaya, Minggu (20/1).
PT INKA kembali Ekspor gerbong kereta ke Bangladesh. (Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan)
Sementara, gerbong kereta tipe MG digunakan pada track dengan lebar 1.000 mm.
Perbedaan dua tipe gerbong ini juga terlihat pada tempat duduk penumpang. Tipe BG memiliki tempat duduk sebanyak 90 kursi baik ber-AC maupun tidak. Sedangkan, tipe MG tempat duduknya hanya berjumlah 55 kursi untuk yang ber-AC dan 60 kursi untuk yang non-AC.
ADVERTISEMENT
"Muatannya lebih banyak. (Di sana) penumpang di atas juga enggak papa ya. Kecepatan maskimal 160 km/jam. Api operasionalnya 120 km/jam," jelasnya.
PT INKA memenangkan lelang pengadaan kereta penumpang untuk Bangladesh Railway pada tahun 2017 dengan total kontrak senilai USD 100,89 Juta.
Sebelumnya, PT INKA pernah mengekspor 50 gerbong kereta ke Bangladesh dengan nilai kontrak sebesar USD 13,8 juta. Kemudian, di tahun 2016 PT INKA mengekspor lagi 150 gerbong kereta dengan nilai USD 72,39 juta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan