Pencarian populer

Investor Kakap Lelang Prangko Langka Seharga Rp 591 Miliar

Investor Obligasi, Bill Gross (Foto: REUTERS/Lucy Nicholson)

Investor terkemuka dengan spesialisasi di obligasi, William Hunt Gross alias Bill Gross, akan melelang koleksi prangko tua miliknya. Koleksi prangko milik pendiri Pacific Investment Management Co itu, merupakan barang langka di dunia hingga punya harga pasar USD 42 juta atau setara Rp 591,5 miliar (Kurs Rp 14.000).

Dikutip dari Reuters, pria 74 tahun itu mengawali kegiatan mengoleksi prangko saat lulus SMA. Ketika itu, ibunya memberi setumpuk prangko yang telah dibeli selama bertahun-tahun. Maksud sang ibu, prangko itu dapat dijual untuk membiayai kuliah anaknya.

Namun karena prangko yang dimiliki masih banyak beredar, harga yang ditawarkan kepada Gross justru lebih rendah dari nominalnya. Alih-alih menjualnya, Gross pun menyimpan prangko itu hingga kini dia berniat melelangnya.

Charles Shreve, penasihat filateli Gross selama lebih dari 20 tahun, mengatakan bahwa Gross mengumpulkan prangko semata-mata untuk membuktikan bahwa ibunya benar. Yakni membeli prangko dapat menyenangkan dan menghasilkan uang.

Perangko koleksi Bill GrossÕs. (Foto: Siegel Auction Galleries/Handout via REUTERS)

Koleksi prangko termahal yang akan dilelang di Galeri Robert A. Siegel, merupakan terbitan 1847, bergambar Presiden Amerika Serikat George Washington. Satu blok prangko yang terdiri dari enam lembar itu, ditaksir bisa laku USD 750.000.

Koleksi lainnya adalah prangko pecahan 5 dan 10 sen dolar AS, yang juga diterbitkan pada 1847. Prangko miliki Gross ini merupakan salah satu dari hanya tiga yang tersisa di dunia. Sedangkan koleksi prangko yang ditaksir paling mahal, adalah terbitan 1869 bergambar “Deklarasi Kemerdekaan” karya seniman John Trumbull. Harganya ditaksir USD 1 juta.

Ini bukan kali pertama Gross melelang koleksi prangkonya. Hal serupa pernah dilakukan pada 2007 dan 2014, dengan nilai total USD 27 juta. Seperti hasil lelang terdahulu, lelang kali ini juga dananya akan disumbangkan buat kegiatan sosial, termasuk ke komunitas “Doctor Without Border”.

Lelang akan dilakukan pada Oktober mendatang, dalam dua atau tiga kali lelang. Pacific Investment Management Co (Pimco) yang didirikan Gross, merupakan salah satu manajemen investasi obligasi terbesar di dunia. Menurut Forbes, nilainya mencapai USD 2,5 miliar.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: