Pencarian populer

JK: KTT G20 Akan Bahas Upaya Redam Perang Dagang AS-China

Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto: Kevin Kurnianto/kumparan)
Wakil Presiden Jusuf Kalla akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Argentina. JK mengatakan dalam pertemuan tersebut sejumlah negara akan berdiskusi terkait upaya meredam perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China.
ADVERTISEMENT
"Nanti yang paling banyak dibicarakan ialah bagaimana meredam kemungkinan terjadinya perang dagang antara China-AS dan bagaimana adanya gejala-gejala ekonomi dunia ini bisa menurun, bisa resesi," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (27/11).
G20 merupakan kelompok yang terdiri dari 20 negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Indonesia masuk dalam kelompok G20 bersama sejumlah negara lain seperti Uni Eropa, AS, Jepang, hingga Rusia.
JK mengatakan di sana ia akan bertemu dengan sejumlah delegasi atau perwakilan negara lain membahas sejumlah hal termasuk perang dagang. Namun JK tak menjelaskan detail dengan negara mana ia akan bertemu.
"Beberapa negaralah kita (akan) saling (bertemu), sudah ada yang minta kepada saya ada tiga negara kepada Indonesia. Kita juga minta beberapa kepala negara untuk bertemu," jelas JK.
ADVERTISEMENT
Bersama sejumlah negara, Indonesia akan berbicara terkait sejumlah hal. Ia menegaskan KTT G20 akan fokus dalam upaya menghindari perang dagang antara AS dan China. Sebab jika kondisi tersebut tak diredam, dikhawatirkan akan berdampak terhadap perekonomian negara-negara lain.
"Bagaimana dunia ini secara ekonomi tidak terjadi perang dagang khususnya antara China dengan AS, karena pasti keterlibatan ekonomi ini karena yang namanya globalisasi kalau ada yang kena, pasti akan melebar ini masalah lebih mendalam masalahnya dan itu sangat berbahaya apa bila tidak diredam," jelasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85