kumparan
12 Okt 2018 19:26 WIB

Johan Budi: Pidato Game of Thrones Adalah Ide Presiden Jokowi

Jubir Presiden Johan Budi (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Pidato Presiden Joko Widodo soal perang dagang yang dikemas dengan cerita serial Game of Thrones mendapatkan banyak pujian dari peserta pertemuan tahunan International Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) 2018. Pidato tersebut disampaikan Jokowi pada acara Plenary Session sidang tahunan tersebut pada pagi tadi.
ADVERTISEMENT
Isi pidato Jokowi yang mengisahkan kondisi ekonomi global saat ini, terutama perang dagang yang terjadi antara negara-negara besar seperti kisah dalam serial TV Games of Thrones.
Lantas, dari mana ide pidato Jokowi tersebut?
Juri Bicara Kepresiden Johan Budi SP mengungkapkan perihal konsep ide pidato Jokowi tersebut. Dia mengatakan ide mengaitkan kehidupan di Games of Thrones dengan kondisi ekonomi saat ini yang penuh pertempuran dagang dan tekanan mata uang tersebut merupakan ide Presiden Jokowi.
"Idenya sebagian dari Presiden. Memang Pak Presiden sangat inovatif termasuk pidato yang kita saksikan. Standing ovation 2 kali. Presiden menggambarkan dunia menghadapi persaingan global yang dianalogikan cerita Game of Thrones. Winter is coming," kata Johan Budi di Bali Collection, Nusa Dua, Jumat (12/10).
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, Johan mengungkapkan pesan yang ingin disampaikan Jokowi lewat pidato Game of Thrones ini adalah mengingatkan seluruh negara bahwa perang dagang dan persaingan untuk menjadi nomor satu itu tidak ada gunanya jika dunia menjadi hancur.
Pidato dengan menggunakan analogi cerita serial film juga pernah disampaikan Jokowi dalam World Economic Forum di Hanoi, Vietnam. Kala itu, dia mengaitkan musuh-musuh dalam ekonomi global saat ini seperti Thanos dalam film Avangers.
"Muncul ide-ide genuine dari Pak Presiden. Kemarin Thanos, terus vlog sama Raja Salman. Pak jokowi yang punya ide kreatif dan diterjemahkan dengan tim pembuat pidatonya. Kalau siapanya ya tentu di antaranya para pembantunya. Tetapi tidak tahu siapa," terang dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·