kumparan
12 Mar 2019 12:43 WIB

Jokowi Minta Mendag Bikin Sistem Online untuk Pasar Tradisional

Jokowi di Pasar Sidoharjo, Lamongan, Jawa Timur Foto: Dok. Biro Pers Setpers
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyiapkan ekosistem perdagangan online untuk memfasilitasi pasar tradisional. Hal itu diungkapkan Jokowi, saat meresmikan kegiatan Pasar Rakyat Kementerian Perdagangan (Kemendag).
ADVERTISEMENT
Jokowi menyampaikan keluhan-keluhan yang diterimanya, ketika berkunjung ke pasar-pasar tradisional. Dia mengaku mendapatkan keluhan bahwa para pedagang di pasar kalah dengan sistem perdagangan online.
"Hati-hati keluhan-keluhan kita ini sekarang kalah dengan yang online-online. Ini hati hati saya minta Mendag mulai membangun ekosistem online," kata Jokowi di Hall 3A ICE BSD, Banten, Selasa (12/3).
Dengan sistem online yang dibangun masyarakat dianggap memiliki market place yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi di era digital.
"Sehingga pasar rakyat memiliki marketplace, memiliki platform menyiapkan diri menuju era digital," jelasnya.
Presiden Jokowi saat meresmikan Pasar Rakyat di ICE BSD 3a, Selasa (12/3). Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Jokowi tak ingin nasib para pedagang di pasar tradisional di Indonesia sama seperti yang terjadi di Tiongkok. Menurutnya, banyak mall yang tutup karena kalah bersaing.
ADVERTISEMENT
"Kalau ini enggak direspons, di Tiongkok, mal-mal sudah tutup karena kalah dengan online. Di sini juga. Harus hati-hati dalam menyiapkan ini," ujarnya.
Namun, usaha pembangunan ekosistem online juga harus diiringi perbaikan ekosistem offline. Sehingga, pemanfaatan marketplace di Indonesia dapat dimaksimalkan dengan baik.
"Memperbaiki ekosistem offline. Ekosistem offline perbaikan masih banyak sekali, " tandasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan