kumparan
20 Feb 2019 22:42 WIB

Jonan ke Eks-Menteri ESDM soal Freeport: Enggak Usah Komentar

Konferensi pers Menteri ESDM Ignasius Jonan (kanan) Klarifikasi Soal Ucapan Sudirman Said tentang Pertemuan Jokowi dengan Bos Freeport McMoran di Kementerian ESDM, Jakarta. Foto: Ema Fitriyani/kumparan
Menteri ESDM Ignasius Jonan mengklarifikasi pernyataan Sudirman Said tentang pertemuan Presiden Joko Widodo dengan bos Freeport McMorran James R Moffett. Pertemuan itu, Sudirman menyebut, dilakukan tanggal 6 Oktober 2015 di Istana Negara bersama dirinya.
ADVERTISEMENT
Pernyataan Sudirman membuat Jonan angkat bicara. Menurut dia, sebagai mantan menteri, seharusnya Sudirman tidak perlu berkomentar di depan media.
"Kalau mantan itu sebaiknya enggak komentarlah," kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (20/2).
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyampaikan paparan pada rapat kerja dengan Komisi VII DPR. Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyant
Jonan membandingkan sikap Sudirman dengan dirinya yang juga mantan menteri. Kata dia, sebagai mantan Menteri Perhubungan, hingga saat ini dia tidak pernah berkoar-koar tentang apa yang terjadi di lembaga terdahulunya.
Padahal, dia mengaku, bisa saja dirinya berkomentar lebih keras, jelas, dan detail tentang tempat yang pernah didudukinya sebelum menjabat sebagai Menteri ESDM, termasuk mengomentari Menteri Perhubungan saat ini, Budi Karya Sumadi. Jonan tidak koar-koar karena tidak etis.
"Saya enggak akan (koar-koar). Saya berhenti sebagai Menhub, komentar enggak? Enggak sama sekali. Sampai sekarang saya tidak komentar tentang Pak Menhub yang sekarang. Jadi, yang gaduh kan yang komentar. Kalau saya dua tahun (menjadi Menteri ESDM) kan enggak gaduh," jelas dia.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan