Pencarian populer

Kejar Target Sebelum Pilpres, Jokowi Minta Proyek 4 Tol Harus Selesai

Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di Bandung.di Bandung. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Setpres)

Pemerintah terus mengebut penyelesaian proyek infrastruktur terutama pembangunan jalan tol. Uniknya, ada beberapa proyek jalan tol yang harus selesai sebelum Pilpres 2019 berlangsung.

"Sebentar lagi nanti di bulan Desember, Tol Jakarta-Surabaya akan sambung, untuk Merak-Banyuwangi masih akhir tahun 2019. Tapi Jakarta-Surabaya, akan sambung di Desember," kata Presiden Joko Widodo di Acara Kompas 100 CEO Forum di Cenderawasih Room, JCC, Selasa (27/11).

Pernyataan ini sama seperti yang Jokowi ucapkan saat membuka acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia yang digelar di tempat yang sama. Setelah Tol Trans Jawa tersambung, Jokowi mengalihkan pandangannya ke proyek Tol Trans Sumatera. Jokowi ingin Tol Bakeuheni-Terbanggi Besar sepanjang 148 km bisa diresmikan Desember 2018 ini.

"Kemudian Tol Trans Sumatera. Bakeuheni-Terbanggi Besar sepanjang 148 km juga akan kita resmikan di Desember ini. Tapi untuk Bakauheuni-Palembang, sepanjang 350 km, insyaallah nanti, saya tanya ke kontraktornya katanya bulan Juni," lanjut dia.

Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi siap beroperasi. (Foto: Dok. Jasa Marga)

Jokowi kemudian menawar kontraktor jalan tol yang menangani Tol Bakauheni-Palembang. Dia meminta proyek tersebut harus sudah selesai paling lambat April 2019.

"Saya tawar ke kontraktornya, mbok April. Agak maju sedikit ke April gitu. Biar ada manfaatnya. Manfaat untuk berlebaran. Jangan berpikir kemana-mana," ucap Jokowi disambut gelak tawa hadirin.

Selain itu, Jokowi menuturkan selesainya jalan tol dengan cepat bisa berdampak pada musim mudik Lebaran. Jokowi berharap rakyat tak berpikir bahwa itu untuk kepentingan kampanye Jokowi sebagai calon presiden nomor urut 01, meski ia tak mengelak.

"Manfaat biar kita bisa berlebaran dari Jakarta menuju Palembang, kita naik mobil. Bukan untuk Pemilu. Mikirnya mesti untuk Pemilu pasti. Tapi itu juga," ucapnya disambut tawa para peserta.

Berikut rinciannya:

- Tol Jakarta-Surabaya diresmikan akhir tahun ini

- Tol Merak-Banyuwangi diresmikan pertengahan tahun 2019

- Tol Bakauheni-Terbanggi besar 148 km diresmikan akhir tahun 2018

- Tol Lampung-Palembang selesai April 2019

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22