• 0

Kemenhub Akan Bangun 6 Jalur KA menuju Bandara dan Pelabuhan

Kemenhub Akan Bangun 6 Jalur KA menuju Bandara dan Pelabuhan


Kereta Bandara, Stasiun BNI City

Situasi di stasiun bandara Sudirman Baru-Soetta yang tampak sepi pada Rabu (8/8/2018) (Foto: Nurul Nur Azizah/kumparan)
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun 6 jalur Kereta Api (KA) dari ibukota daerah menuju bandara dan pelabuhan. Hal itu dilakukan untuk memudahkan masyarakat menuju kedua lokasi tersebut.
Adapun 6 jalur KA tersebut ialah jalur Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, jalur Pelabuhan Teluk Lamong, Bandara Kulonprogo, Bandara Adi Sumarmo, dan Bandara Juanda.
“Ada 6 jalur KA menuju bandara dan pelabuhan yang sedang dibangun Kemenhub,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (18/9).
Dia pun membeberkan, saat ini jalur KA menuju Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dan Bandara Adi Sumarmo Solo telah dibangun. Pembangunan jalur KA di dua daerah di Jawa Tengah tersebut ditarget selesai di tahun 2019.
“Penyelesaian konstruksi dalam pengerjaan Pelabuhan Tanjung Mas dan Bandara Adi Sumarmo dianggarkan dalam APBN 2019,” imbuhnya.
Sementara untuk pembangunan jalur KA menuju Pelabuhan Teluk Lamong Surabaya saat ini tengah memasuki tahap pengadaan lahan. Sedang jalur KA menuju Bandara Kulonprogo memasuki tahap penyiapan pengadaan lahan.
“Kalau jalur KA menuju Pelabuhan Patimban dan menuju Bandara Juanda Surabaya masih dalam tahap dokumen perencanaan,” ucap Zulfikri.

BisnisEkonomiKemenhubKereta BandaraPelabuhan

presentation
500

Baca Lainnya