Pencarian populer

Kemenhub Siapkan 1.200 Bus Mudik Gratis, Daftar Online Mulai Besok

Pemudik memadati Terminal Pulo Gebang. Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan 1.200 bus mudik untuk Lebaran 2019. Bus-bus ini bakal melayani penumpang yang ingin pulang ke kampung halaman di 40 kota di Indonesia.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, bagi warga yang ingin mendaftar bisa melalui online dan manual. Untuk pendaftaran online, sudah dibuka mulai besok, Kamis (19/3).

"Jadi mendaftarkannya sama seperti yang tahun lalu karena ini sudah kita pastikan, yaitu mudikgratis.dephub.go.id ini online. Mulai besok untuk online," kata Budi saat konferensi pers di kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (18/3).

Adapun untuk pendaftaran manual, Budi memperkirakan bakal dibuka pada April 2019 karena mesti ada tanda tangan kontrak terlebih dahulu. Kata dia, pihaknya mesti berkoordinasi dengan dinas perhubungan di daerah terlebih dulu.

Jumlah bus yang disediakan dan kota yang dilayani pada mudik tahun ini bertambah. Tercatat, tahun lalu pemerintah hanya menyediakan bus gratis sebanyak 1.073 unit.

Dari total bus tersebut, Budi mejumlah penumpang yang akan diangkut diperkirakan 54 ribu orang. Jumlah penumpang mengalami kenaikan 18 persen dari tahun sebelumnya.

"Kemudian jumlah pemudiknya tahun 2018 ada 44 ribu orang, tahun 2019 ini kita harapkan bisa memulangkan masyarakat untuk mudik gratis dari Jakarta ke kota tujuan sampai dengan 54 ribu orang, jadi ada kenaikan sebesar 18 persen," ucapnya.

Sementara untuk jumlah kota yang dilayani pun ikut meningkat dari sebelumnya 32 kota menjadi 40 kota. Tambahannya berada di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Lampung, Palembang, dan Padang.

Adapun untuk jadwal pemberangkatannya, Budi menjelaskan, bakal dilakukan tiga hari sejak H-6 lebaran, yaitu pada 30 dan 31 Mei, dan dilanjutkan pada 1 April 2019. Untuk pemberangkatan di Jabodetabek sendiri berada di lima wilayah titik.

"Ada di Monas, Bogor di Stadion Pakansari, ada juga di Depok, kemudian Tangerang di kantor Pemda Kabupaten Tangerang, dan Bekasi titik ya di lapangan Summarecon Bekasi, jadi Jabodetabek ada semuanya pemberangkatan," katanya.

Sedangkan untuk kepulangan dijadwalkan pada 7 dan 8 Juni 2019. Titik arus balik akan juga dilakukan di lima titik. Lokasinya yaitu di Terminal Bulupitu Purwokerto, Terminal Mangkang Semarang, Terminal Giwangan Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Solo, dan Terminal Giri Adipura Wonogiri.

Dalam mudik tahun ini, Kemenhub bakal fokus untuk mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor. Karena itu, pemerintah pun menambah jumlah truk pengangkut motor tahun ini menjadi 100 truk, dengan kapasitas angkut 3.500 unit motor.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: