kumparan
29 Sep 2018 11:42 WIB

Kemenpar Masih Hitung Dampak Kerusakan Pariwisata di Palu

Kondisi usai gempa di Palu. (Foto: Dok. Istimewa)
Gempa berkekuatan 7,4 magnitudo mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, dan Kota Palu, pada pukul 18.02 WITA, Jumat (28/9). Sejumlah infrastruktur rusak, seperti pelabuhan, Tower Air Traffic Controller (ATC) di Bandara Palu, hingga terputusnya arus komunikasi.
ADVERTISEMENT
Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Periwisata (Kemenpar) Guntur Sakti mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih akan terus mengumpulkan informasi terkait dampak gempa Donggala terhadap pariwisata setempat. Saat ini, Kemenpar belum bisa menghitung dampak kerugian akibat gempa yang terjadi.
"Artinya kalau lihat dari kejadian ini satu ekosistem pariwisata kita, akses ditutup untuk sementara waktu. Tapi dampak ekosistem yang lain seperti destinasi wisata mana saja yang kena, hotel mana saja yang kena, itu kami belum bisa mendapatkan info awal, tapi memang kendala komunikasi sampai saat ini terganggu," ucap Guntur kepada kumparan, Sabtu (29/9).
Warga melihat bangunan pusat perbelanjaan yang ambruk akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/9). (Foto: ANTARA FOTO/Rolex Malaha)
Hingga kini, Kemenpar masih melakukan koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mendaptkan informasi seputar dampak dari ekosistem dan destinasi pariwisata di Kota Palu dan sekitarnya. Beberapa destinasi wisata seperti Palu Bridge atau Jembatan Kuning diberitakan hancur terkena dampak gempa dan tsunami.
ADVERTISEMENT
"Mengumpulkan informasi dan data informasi detail tentang gempa, sebentar lagi akan kita kirimkan Vito (Informasi) (Visit Indonesia Tourisme) dari berbagai negara," tambahnya.
Kemenpar menambahkan, Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie Palu, Sulawesi Tengah akan ditutup hari ini (29/9) hingga pukul 19.00 waktu setempat.
"Bandara di sana sedang mengeluarkan informasi, (bahwa) bandara-bandara ditutup dari tanggal 27-29 September sudah keluar. Sampai besok notam pukul 19.00 (malam)," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·