Pencarian populer

Kementan Kehabisan Stok Bawang Putih untuk Operasi Pasar

Operasi Bawang Merah Kementan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (15/4). Foto: Abdul Latif/kumparan

Kementerian Pertanian (Kementan) saat ini sudah tidak lagi menyediakan operasi pasar untuk bawang putih sejak hari Minggu, (14/2). Hal ini disebabkan stok kosong.

"Minggu enggak ada (operasi pasar), Senin (hari ini) enggak ada, karena mungkin stok kurang," kata salah satu petugas yang enggan disebutkan namanya kepada kumparan saat ditemui di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (15/4).

Sebelumnya Kementan mulai menggelar operasi bawang putih dan bawang merah sejak 5 April 2019. Hanya saja khusus untuk operasi bawang putih telah berhenti sejak 13 April 2019, karena pasokan kosong.

Untuk bawang putih, setiap harinya Kementan menggelontorkan sekitar 7 ton. Khusus pada tanggal 13 April 2019, stok operasi pasar mulai menurun menjadi 3,5 ton per hari.

Sehingga selama 9 hari operasi pasar berjalan, sekitar 46,5 ton yang telah terjual dengan harga Rp 18 ribu per kilogram (kg).

Operasi Bawang Merah Kementan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (15/4). Foto: Abdul Latif/kumparan

"Operasi pasar bawang putih terakhir hari Sabtu kemarin 3,5 ton. Minggu enggak ada, Senin enggak ada barang kosong. (total) 46,5 ton (bawang putih) yang terjual selama operasi," katanya.

Sementara untuk bawang merah hingga kini operasi pasar masih berjalan. Sama seperti bawang putih, Kementan menggelontorkan bawang merah sekitar 7 ton per harinya.

"Untuk harga bawang merah Rp 20 ribu per kg," katanya.

Operasi pasar ini sebagai salah satu upaya Kementan untuk meredam harga bawang yang mahal sejak beberapa waktu lalu. Namun hingga kini, harga bawang putih belum juga turun, masih berkisar antara Rp 55 ribu per kg-Rp 60 ribu per kg. Padahal harga normalnya hanya Rp 25 ribu per kg. Sehingga jika dikalkulasi, harga bawang putih sudah naik sekitar 120 persen.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23