kumparan
25 Jun 2018 20:39 WIB

Luhut Berharap Kisruh Manajemen dan Pilot Garuda Segera Selesai

Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Rivan Awal Ringga/Antara)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi langkah mediasi yang dilakukan oleh manajemen PT Garuda Indonesia Tbk dengan Asosiasi Pilot Garuda (APG) dan Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga). Menurut Luhut, kedua belah pihak harus saling melakukan evaluasi demi mencapai titik temu.
ADVERTISEMENT
“Saya kira bagus. Ya tentu pemerintah harus koreksi diri juga, tapi juga dari asosiasi serikat pekerja enggak boleh semaunya. Jadi saya beri waktu lagi untuk teknis negosiasikan antara sekarang ke Jumat,” ungkap Luhut di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (26/6).
Luhut berharap dengan adanya mediasi tersebut kedua belah pihak dapat menemukan kesepakatan bersama. Sebab menurut Luhut, sebenarnya tidak ada masalah mendasar seperti yang digaungkan selama ini, yaitu mengenai gaji pilot. Kata Luhut, besaran gaji yang diterima pilot Indonesia sangat baik.
“Kan selalu masalah itu mengenai gaji. Nah gaji pilot kita kan bagus antara Rp 75 juta sampai Rp 150 juta, jadi enggak ada masalah gaji. Masalahnya menyangkut efisiensi, menyangkut security, menyangkut ya kayak-kayak gitu,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya diberitakan, APG bersama Sekarga menuntut dilakukannya restrukturisasi jumlah direksi. Mereka juga meminta pergantian direksi Garuda Indonesia dari kalangan profesional di bidang penerbangan dan internal perusahaan.
Tuntutan tersebut diajukan setelah mereka menilai terdapat beberapa masalah di tubuh manajemen emiten berkode GIAA tersebut. Sepanjang 2017 Garuda menderita kerugian bersih (nett loss) USD 213,4 juta.
Padahal, periode yang sama tahun sebelumnya Garuda untung USD 9,36 juta. Selain itu, nilai saham Garuda juga mengalami penurunan dari Rp 750 per saham dari 2011 menjadi Rp 292 per saham per 25 April 2018.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·