kumparan
27 Mar 2019 16:27 WIB

Luhut Ingin AKR Segera Jualan Avtur

Luhut Binsar Panjaitan Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan ingin PT AKR Corporindo Tbk dapat segera berjualan BBM avtur di Indonesia. Karena itu, dia meminta Kementerian ESDM segera memberikan izin.
ADVERTISEMENT
Luhut mengatakan, izin itu bisa keluar secepatnya. Jika mengutip dari hasil rapat Luhut dengan para maskapai dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Senin (25/3), Luhut minta AKR dapat izin mulai 1 April 2019.
"Ya kita maunya gitu. Kalau mereka minta tanggal berapa, saya bilang kenapa mesti tunggu lama-lama? Iya, kenapa tidak?" kata dia di Hotel Ayana Jakarta, Rabu (26/3).
Sejauh ini, kata Luhut, baru AKR yang bakal diberikan izin untuk bisa jualan avtur. Selama ini, avtur untuk maskapai hanya dipasok dari PT Pertamina (Persero).
Luhut mengaku tidak tahu bandara mana saja yang bakal menjadi tempat AKR jualan avtur. Kata dia, bisa ditanyakan ke pihak terkait.
"Sepanjang saya tahu, baru itu saja. Nanti tanyakan lah (Kementerian ESDM). Itu teknis," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Selain masalah avtur, dari hasil rapat yang digelar Selasa (26/3), dia menyebut maskapai berjanji akan menurunkan harga tiket pesawat dalam waktu dekat.
Berdasarkan informasi yang didapat kumparan, dalam hasil rapat itu Luhut memutuskan agar maskapai menurunkan harga tiket 10-20 persen. Tarif tersebut rencananya diberlakukan pada 1 April 2019. Tapi saat ditanyakan langsung, Luhut enggan komentar.
"Ya hasilnya bagus. Mereka akan melakukan adjustment di sana-sini sesuai perhitungan mereka," kata dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan