kumparan
16 Jul 2019 10:17 WIB

Meminjam Uang, Lebih Baik dari Lembaga Resmi atau Saudara Sendiri?

com-Finmas, Ilustrasi kebingungan karena masalah keuangan Foto: Shutterstock
Kondisi keuangan seringkali tidak bisa ditebak. Terkadang Anda berada di atas dan bisa memenuhi semua kebutuhan serta keinginan dengan mudah; namun tidak jarang Anda bisa tiba-tiba terjatuh dengan simpanan uang yang menipis padahal sedang ada kebutuhan mendesak. Kalau sudah begini, meminjam uang menjadi salah satu jalan keluar yang bisa Anda ambil.
ADVERTISEMENT
Meminjam uang sebetulnya bukan hal yang ideal dilakukan. Memang, dengan cara ini Anda bisa menutupi beberapa kebutuhan. Namun setelah itu, Anda pun harus kembali berpikir dan berusaha untuk mengembalikan uang yang sudah dipinjam.
Jika sudah benar-benar dan tidak ada lagi jalan keluar, meminjam uang bisa menjadi jawaban terbaik. Namun pertanyaannya adalah: dari siapa Anda harus meminjam uang? Apakah dari sanak saudara yang memiliki rezeki lebih dan mau membantu? Atau haruskah meminjam dari lembaga pinjaman terpercaya?
com-Finmas, ilustrasi memberikan pinjaman uang Foto: Shutterstock
Meminjam uang dari saudara sendiri sering menjadi pilihan beberapa orang. Langkah ini dinilai lebih menguntungkan, karena Anda tidak perlu memikirkan soal beban bunga dan waktu pengembaliannya pun bisa lebih fleksibel. Namun, meminjam uang dari saudara sendiri bukan berarti tidak akan menimbulkan masalah baru di kemudian hari.
ADVERTISEMENT
Tanpa disadari atau tidak, di sekitar Anda mungkin sering terjadi perpecahan keluarga yang disebabkan oleh uang. Hal ini bisa saja terjadi ketika Anda “menggampangkan” pengembalian utang karena berpikir orang yang meminjamkannya adalah saudara sendiri. Padahal, jika yang meminjamkan adalah saudara sendiri, Anda memiliki beban yang lebih besar untuk segera mengembalikannya agar tidak terjadi perpecahan dalam keluarga.
Karena tidak ingin terjadi perpecahan keluarga akibat uang, banyak orang yang lebih suka meminjam dari lembaga resmi. Apalagi dengan adanya kemajuan teknologi seperti saat ini, Anda dapat dengan mudahnya meminjam uang lewat platform berjenis peer-to-peer (P2P) lending. Namun perlu diingat, ketika melakukan pinjaman online, Anda harus memilih lembaga resmi yang tepat dan aman. Salah satu syarat utamanya, lembaga tersebut harus terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
com-Finmas, Sahabat Finansial Foto: Dok. Finmas
Dari banyaknya lembaga pinjaman online yang saat ini menjamur di Indonesia, PT Oriente Mas Sejahtera atau Finmas menjadi salah satu perusahaan pemberi pinjaman peer-to-peer yang terpercaya dan terdaftar di OJK.
ADVERTISEMENT
Finmas pun memiliki keunikan tersendiri dalam mengedukasi masyarakat soal meminjam uang. Bersama Finmas, masyarakat diajak untuk #PilihPakeYakin; “Pilih” platform pinjaman online terpercaya, “Pake” pinjaman uang ketika benar-benar membutuhkannya — bukan hanya untuk keinginan semata — dan “Yakin” untuk bisa membayar pinjaman tepat waktu.
Dengan edukasi tersebut, Finmas mengajak masyarakat untuk cerdas dalam memilih platform pinjaman online terpercaya dan bijak saat meminjam uang agar tidak timbul masalah baru di kemudian hari.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Finmas.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·