Pencarian populer

Mengupas Rahasia Lezatnya Sajian di Meja Makan

com-Gado-gado Foto: Shutterstock

Salah satu rahasia lezatnya sajian di meja makan sejatinya bukan hanya karena cara memasak, namun juga dipengaruhi oleh bahan dasarnya. Untuk makanan yang berasal dari tanaman seperti nasi atau sayur mayur, kondisi pertumbuhan tanaman tersebut berperan agar tanaman menghasilkan makanan yang berkualitas.

Selain itu, kuantitas makanan juga tidak kalah penting, terutama di negara yang padat penduduk seperti Indonesia. Jumlah penduduk yang terus bertumbuh berdampak pada kebutuhan makanan yang terus meningkat juga.

Salah satu faktor dalam menentukan keberhasilan tanaman agar tumbuh subur dan melimpah adalah pupuk. Tanaman membutuhkan gizi untuk berkembang yang terdapat dalam unsur hara seperti Nitrogen, Phosphate, dan Kalium yang sangat besar kegunaannya untuk pertumbuhan tanaman. Unsur hara tersebut dapat diperoleh melalui pemberian pupuk pada tanaman. Disinilah peranan pupuk untuk meningkatkan produktivitas hasil panen. Jadi kebutuhan pangan masyarakat tercukupi.

com-Petani di sawah. Foto: Shutterstock

Agar pupuk tetap terjangkau bagi petani, pemerintah memberikan subsidi pupuk yang manfaatnya dapat dirasakan secara langsung. Subsidi dapat mengontrol harga pupuk agar tetap stabil. Sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan Penyediaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Tahun 2018 yang diterbitkan oleh Kementerian Pertanian dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 47/Permentan/PP.130/12/2018, petani yang berhak artinya adalah petani yang tergabung dalam kelompok tani dan membuat Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok atau biasa disebut RDKK serta memiliki lahan maksimal 2 hektar. Setelah diverifikasi, RDKK diajukan secara bertahap ke tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, kemudian Kementerian Pertanian untuk dibuat alokasi pupuk bersubsidi. Setelah alokasi disetujui dan tercantum dalam APBN, PT Pupuk Indonesia bertugas untuk memproduksi dan mendistribusikan pupuk bersubsidi ke daerah sesuai peraturan.

com-Petani di sawah. Foto: Shutterstock

Indonesia tidak perlu khawatir dengan stok pupuk dalam negeri. Pasalnya, stok pupuk untuk musim tanam di bulan Oktober 2018 hingga Maret 2019 dipastikan aman bahkan hingga kebutuhan musim tanam mendatang. PT Pupuk Indonesia sebagai produsen pupuk selalu menyiapkan minimal dua kali lipat dari stok yang ditentukan pemerintah sehingga persediaan selalu aman.

Hal tersebut tidak terlepas dari peran PT Pupuk Indonesia yang terus memproduksi pupuk unggulan dan mendukung petani dengan menyalurkan pupuk bersubsidi. Pupuk berkualitas tersedia secara melimpah sehingga Anda pun bisa mendapatkan bahan makanan berkualitas dan menghidangkan masakan lezat di meja makan.

Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan PT Pupuk Indonesia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: