• 1

Mentan Pastikan Pasokan Sapi untuk Idul Adha 2018 Mencukupi

Mentan Pastikan Pasokan Sapi untuk Idul Adha 2018 Mencukupi


Upaya Swasembada Sapi Nasional

Upaya Swasembada Sapi Nasional (Foto: Antara/Aji Styawan)
Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengklaim, populasi sapi potong saat ini mencapai 16,8 juta ekor. Oleh karena itu dia menegaskan, kebutuhan sapi potong saat Idul Adha 2018 mendatang cukup dari pasokan lokal.
Adapun pada tahun lalu, Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat, ternak sapi potong yang disiapkan sebanyak 440 ribu ekor. Sementara pada tahun 2016, sapi potong yang disembelih sebanyak 279 ribu ekor.
“Kebutuhan Idul Adha aman. Hari ini populasi sapi kita 16,8 juta ekor,” katanya saat ditemui di Bantaran Banjir Kanal Timur, Jakarta Timur, Sabtu (14/7).

Ternak sapi

Ternak sapi (Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)
Dia pun membeberkan, jumlah populasi sapi di Indonesia meningkat cukup pesat selama 3 tahun terakhir. Berdasarkan data BPS, populasi sapi meningkat 3,91 juta, semula 12,68 juta di 2013 menjadi 16,59 juta di 2017.
“Aku sendiri baru sadar, oh gini kencangnya. Sekarang penambahannya (populasi sapi potong) 1 juta per tahun,” kata Amran.
Dia menambahkan, Kementan sejak 2016 memiliki program Upaya Khusus Percepatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting (Upsus Siwab). Pun saat ini, sebagian sapi yang dikembangkan melalui program itu ialah sapi limousin.
“Kalau bobotnya sapi yang gede limousin perbandingannya 1 banding 2, dulu kecil. Kita mengejar populasi sapi potong 20 juta tahun depan,” ujarnya.

BisnisEkonomiSapi PotongAmran SulaimanIdul Adha

presentation
500

Baca Lainnya