Pencarian populer

Minat Mudik Pakai Kereta Wisata Bertambah: Naik 14 Persen di 2019

Petugas melakukan perawatan lokomotif di Dipo Lokomotif Stasiun Kereta Api (KA) Madiun, Jawa Timur, Kamis (23/5). Foto: ANTARA FOTO/Siswowidodo
PT Kereta Api Wisata menargetkan 8.435 penumpang menggunakan kereta wisata pada arus mudik Lebaran 2019. Target ini meningkat sekitar 14 persen dari jumlah penumpang kereta wisata pada musim Lebaran 2018 lalu, yakni sebesar 7.386 orang.
ADVERTISEMENT
Direktur PT Kereta Api Pariwisata Totok Suryono menjelaskan, target itu ditopang oleh jumlah penumpang sewa sebanyak 583 dan jumlah penumpang perseorangan sebanyak 7.852 orang. Tahun lalu, realisasi penumpang sewa sebanyak 467 orang dan perseorangan 6.919 orang.
“Hingga saat ini, jumlah realisasi penumpang sewa baru 27 orang. Sementara untuk perseorangan sudah mencapai 85 persen dari target,” katanya saat dihubungi kumparan, Selasa (28/5).
Suasana arus mudik di Stasiun Pasar Senen. Foto: Kevin Kurnianto/kumparan
Meski begitu, Totok optimistis target penumpang ini akan tercapai. Pasalnya, melihat dari Lebaran 2018 lalu, rata-rata tingkat keterisian kereta mencapai 95 persen sekali jalan.
Apalagi, kereta wisata mampu menjangkau rute-rute yang tidak disinggahi kereta api biasa dan pesawat.
“Kita masih yakin animo masyarakat tinggi,” tambahnya.
ADVERTISEMENT
Biaya tiket dan carter kereta api wisata sendiri disesuaikan dengan rute yang dipilih. Rute Jakarta-Bandung yang jumlah okupansinya selalu menyentuh angka 100 persen dibanderol seharga Rp 350 ribu per penumpang.
Sementara biaya sewa untuk gerbong kereta wisata ini juga berbeda bergantung waktu, yakni hari kerja, akhir pekan, libur panjang akhir pekan (termasuk Natal dan Tahun Baru) serta Lebaran.
Untuk gerbong jenis Priority, harga sewa gerbong kereta wisata jarak terpendek dari Gambir ke Bandung untuk hari kerja dibanderol sebesar Rp 19 juta, sedangkan untuk akhir pekan naik menjadi Rp 21 juta. Untuk Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) harga sewa meningkat menjadi Rp 22 juta dan untuk mudik Lebaran 2019 menjadi Rp 24 juta.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80