Pencarian populer

MRT Fase II Bundaran HI-Jakarta Kota Belum Punya Depo Kereta

Suasana di Depo kereta MRT (Ratangga) di Lebak Bulus, Jakarta. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)

PT Mass Rapit Transit (MRT) Jakarta menyatakan kesiapannya untuk segera menggelar groundbreaking pembangunan MRT Fase II pada tahun ini. Adapun rute MRT Fase II mulai dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Jakarta Kota. Rute ini tergolong baru sebab pada perencanaan sebelumnya titik akhir MRT Fase II adalah di Kampung Bandan.

"Jadi Fase II itu awalnya Bundaran HI-Kampung Bandan, di rute itu melewati Jakarta Kota. Fase II ini kan ada beberapa stasiun, salah satu stasiunnya melewati Jakarta Kota. Karena pemerintah meminta diganti, pekerjaan tahap I ke Jakarta Kota dulu," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar kepada kumparan, Jumat (4/1).

Hanya saja, untuk proyek MRT Fase II ini pihaknya belum menentukan lokasi dibangunnya depo kereta. Pada rencana awal, depo kereta berada di Kampung Bandan sekaligus sebagai stasiun akhir MRT Fase II. Sedangkan pada Fase I, depo kereta berada di Lebak Bulus.

"Ya menyusul, sebelumnya kan di Kampung Bandan. Nanti dilihat kebijakan pemerintah seperti apa, apa mau ke Ancol atau di mana. Yang penting kami kerjakan dulu nih fase II, supaya target penyelesaian tetap sama walaupun berubah titik akhir," tuturnya.

Depo MRT Lebak Bulus. (Foto: Jihad Akbar/kumparan)

Sampai sekarang, dia pun masih menunggu arahan dari Pemrov DKI Jakarta terkait dengan keputusan final rute MRT Fase II.

"Iya, karena dulu Bundaran HI-Jakarta Kota itu masuk FS Bundaran HI-Kampung Bandan. Nah nanti kami tunggu Fase II itu sampai mana, apakah sampai Ancol. Artinya nanti tahap II baru mengerjakan dari Jakarta Kota ke titik yang merupakan arahan pemerintah," jelasnya.

Berikut ini rute MRT Fase II sesuai Feasibility Study (FS):

- Bundaran HI

- Sarinah

- Monas

- Harmoni

- Sawah Besar

- Glodok

- Jakarta Kota

- Kampung Bandan

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22