kumparan
7 Jun 2018 18:56 WIB

Pengguna Kereta Bandara Soetta Kini Bisa Bayar Pakai Kartu Langganan

Kereta Bandara Soekarno Hatta Produksi INKA (Foto: Dok. Istimewa )
Bank Mandiri bekerja sama dengan PT Railink dalam penerbitan kartu langganan (Perfeq Rider) bagi pengguna KA Bandara Soekarno Hatta untuk meningkatkan volume pengguna kereta bandara.
ADVERTISEMENT
Kartu langganan tersebut nantinya akan disinergikan dengan skema co branding kartu prabayar Mandiri e-money sehingga dapat mendukung elektronifikasi sektor transportasi dan meningkatkan efisiensi.
MoU kerja sama ditandatangani oleh Dirut KA Railink Heru Kuswanto dan Vice President Transaction Banking Partnership Bank Mandiri Adi Musparno di Jakarta, Kamis (7/6).
Menurut Adi, pihaknya terus berinovasi dalam memperkuat layanan digital banking untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabah. Untuk itu, perseroan telah melakukan sejumlah inisiatif termasuk layanan perbankan berbasis digital seperti Mandiri e-cash yang saat ini sudah bekerja sama dengan LINE Pay e-cash, Mandiri e-money, dan Mandiri mobile yang saat sudah transformasi ke Mandiri online.
"Kami berharap inisiatif ini dapat memudahkan Frequent Passenger Railink dalam melakukan pembayaran tiket kereta bandara Soekarno Hatta," kata Adi.
ADVERTISEMENT
Kerja sama ini, tambah Adi, diharapkan juga dapat meningkatkan market share Mandiri e-money di Indonesia, khususnya meningkatkan brand awareness kartu Mandiri e-money sebagai kartu pembayaran di sektor transportasi.
Saat ini, jumlah kartu Mandiri e-money yang telah beredar sampai dengan bulan April 2018 sebanyak 14.366.684 kartu. Adapun frekuensi transaksi pada periode Januari-April 2018 mencapai 414 juta transaksi senilai Rp 4,58 triliun, naik hampir 3 kali lipat dari nilai transaksi periode yang sama tahun lalu.
Kereta bandara (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Selama tahun 2017, menurut Adi, Mandiri e-Money menempati market share frekuensi transaksi rata-rata sebesar 70% dan market share nominal transaksi mencapat rata-rata sebesar 65%.
Hingga saat ini, jumlah merchant yang dapat menerima transaksi kartu Mandiri e-money sebanyak 946 merchant dengan jumlah lokasi transaksi sebanyak 52,826 outlet. Selain itu dukungan merchant top up Mandiri e-Money dapat dilakukan di 60,097 lokasi top up yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan komposisi top up terbesar dilakukan di minimarket sebesar 67%, ATM 25%, dan di cabang Bank Mandiri sebesar 6%.
ADVERTISEMENT
"Sedangkan jumlah ruas tol yang telah terimplementasi pembayaran dengan menggunakan Mandiri e-money sebanyak 28 ruas tol, antara lain ruas tol JORR, ruas Jakarta - Cikampek, Tol Jagorawi, dan ruas Jakarta Tangerang," katanya.
Selain untuk transportasi, kartu Mandiri e money juga telah dapat ditransaksikan di berbagai merchant di Indonesia termasuk merchant layanan parkir, merchant retail, SPBU Pertamina, Restaurant Fast Food dan Arena Rekreasi.
Mandiri e-money tersebut dapat diisi ulang di mandiri ATM bertanda “e-money” (akrilik warna kuning) oleh nasabah Bank Mandiri pengguna Mandiri debit dan oleh nasabah 74 bank pengguna kartu debit anggota ATM Bersama. Selain itu, isi ulang juga dapat dilakukan di jaringan merchant retail seperti Indomaret, Ceriamart, Alfamart, Alfamidi & Lawson, Hypermart dan Cabang Bank Mandiri. Jumlah lokasi isi ulang kartu Mandiri e-money adalah sebanyak 62.074 lokasi yang tersebar di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Medan, dan Bali.
ADVERTISEMENT
Selain itu, top up Mandiri e-money dapat dilakukan juga di 12 gardu tol yang berada di Jabodetabek (Cililitan, Cengkareng, Semanggi, Meruya Utama, Pondok Ranji, Pondok Gede Timur, Bekasi Barat 1, Karang Tengah dan Cibubur).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan